Ada Kutu Pada Ikan Koi  Anda ? Basmi Dengan Ikan Sumatra

Ada Kutu Pada Ikan Koi Anda ? Basmi Dengan Ikan Sumatra

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Untuk anda yang mempunyai hobi memelihara ikan hias, maka tidak asing lagi dengan jenis ikan Sumatra tersebut. Ikan ini dikenal sebagai ikan hias yang cukup kuat (ikan yang tidak mudah mati) jika di pelihara di dalam Aquarium. Oleh karena itu, banyak para penghobi pemula yang memelihara jenis ikan ini dalam mengawali kegiatannya dalam memelihara ikan hias. Ikan Sumatra Sebagai Pembasmi Kutu Ikan Koi

Dan di kalangan para pecinta koi, ada yang memanfaatkan ikan Sumatra sebagai pemangsa kutu koi. Apakah benar seperti itu?

Jenis ikan Sumatra ini dalam nama ilmiahnya “Puntius Tetrazona” adalah jenis ikan kecil yang anggota suku Cyprinidae anak suku Cyprininae. Jenis ikan Sumatra ini pertama kali ditemukan oleh ilmuan dari Belanda yang bernama Bleeker pada tahun 1855. Di Amerika dan Eropa dikenal dengan nama “Tiger Barb”, karena corak dan warnanya mirip dengan belang-belang pada harimau atau macan.

Kenapa sih bisa disebut sebagai Ikan Sumatra? Mungkin karena ikan tersebut berasal dari daerah Sumatra dan warna atau coraknya pun juga menyerupai seperti Harimau Sumatra sehingga Jenis ikan tersebut dinamai dengan ikan Sumatra .

Baca juga : SKEMA FILTER KOLAM SEDERHANA UNTUK IKAN KOI

Selain di pulau Sumatra, ikan Sumatra juga dapat anda temukan di Kalimantan dan Serawak, dan di beberapa daerah lainnya yang ada di semenanjung Malaya. Ikan tersebut sering didapati pada sungai-sungai dangkal yang beraruskan sedang, yang jernih atau sedikit keruh. Ikan Sumatra juga mempunyai pH antara 6.0-8.0, kesadahan air antara 5-19 dGH dan kisaran temperature air antara 20 – 260C. ikan Sumatra juga didapati di rawa-rawa, yang mengindikasikan bahwa ikan ini memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan kualitas air.

Ikan Sumatra dewasa rata-rata memiliki panjang sekitar 7 cm dan dapat hidup sampai 6 atau 7 tahun. Ikan Sumatra juga dikenal sebagai ikan pemangsa cacing, udang dan berbagai hewan hidup lainnya dan juga pakan buatan. Ikan Sumatra Sebagai Pembasmi Kutu Ikan Koi

Betul sekali bahwa ikan Sumatra atau dalam ilmiah “Puntius Tetrazona” merupakan jenis ikan yang pemakan kutu pada koi, namun demikian terdapat beberapa hal yang bisa anda ketahui pada saat ikan Sumatra tersebut beradadi kolam anda:

Koi memakan Ikan Sumatra

Apabila di kolam anda terdapat banyak koi dengan ukuran besar yaitu rata-rata diatas 30 cm, maka dari itu dapat memungkinkan kalau ikan Sumatra yang ada bukan membasmi kutu pada koi tapi malah ikan Sumatra tersebut yang akan dimakan koi-koi tersebut yang berukuran besar.

Tersedot ke ruang Filter

Pada dasarnya kolam koi itu pasti berukuran besar, yang biasanya menggunakan pompa filter dengan kapasitas yang besar pula. Oleh karena itu, ikan Sumatra yang di dominasi dengan ukuran kecil, tentunya akan mudah tersedot oleh filter tersebut.

Ikan Sumatra memakan sirip koi

Ikan Sumatra bisa berenang dengan cepat (agresif) dan ada pula koi yang gerakannya lambat, ikan Sumatra tidak hanya memakan kutu koi saja, tapi juga bisa memakan sirip ikan koi terutama pada bagian ujung ekor. Apabila terjadi seperti itu, maka hal ini tentunya malah bisa memuat koi-koi anda menderita karena sirip ekornya banyak yang rusak karena dimakan oleh ikan Sumatra ini.

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.