Cara Membuat Makanan Ikan Koi Sendiri yang Bernutrisi Tinggi

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Dalam memelihara ikan Koi, selain kolam yang bersih pakan juga salah satu yang sangat berpengaruh untuk hidup ikan Koi. Pakan koi yang bagus tentu harus yang bisa mencukupi kebutuhan gizi ikan koi tersebut. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kolam pemeliharaan yang digunakan untuk memelihara ikan koi tersebut. Jika kolam ikan koi sudah memenuhi standar pemeliharaan maka Anda harus memaksimalkan dengan memilih pakan yang tepat.  Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pakan ikan koi. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa ikan koi ini sifatnya adalah omnivora artinya bisa memakan tumbuhan dan juga hewan kecil yang ada di sekitarnya.

Pakan ikan koi ini terbagi jadi dua macam yaitu alami dan juga buatan. Sebagian besar pakan ikan koi ini terbuat dari bahan sayuran, roti, cacing, dan juga buah-buahan. Secara alami pakan yang bisa diberikan kepada ikan koi adalah udang dan juga cacing namun ikan koi juga menyukai alga atau ganggang hijau. Ulat juga bisa diberikan dimana menjadi pakan alami yang mengandung protein yang tinggi bagi ikan. Agar hasil maksimal memang Anda bisa membuat pakan ikan koi itu sendiri sehingga nutrisi yang bisa Anda berikan lebih maksimal.

Membuat Pakan Ikan Koi Sendiri

Membuat makanan ikan koi sendiri adalah hal menantang dimana Anda bisa bereksperimen mencampurkan berbagai macam bahan yang bagus untuk tumbuh kembang ikan koi yang Anda budidayakan tersebut. Bahan yang Anda gunakan untuk pembuatan makanan ikan koi ini pun tidak boleh sembarangan. Pastikan jika di dalam bahan tersebut mengandung zat dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan.

Baca juga : IKAN KOI YANG COCOK DIPELIHARA DI RUMAH SESUAI BUDGET

Bahan yang bisa Anda gunakan adalah udang kecil, kemudian Anda juga harus menyiapkan bahan pendamping lainnya yang mengandung protein dan vitamin tinggi seperti telur, wortel, bawang putih, vitamin C, dan juga agar-agar. Tambahkanlah sedikit air dan haluskan dengan menggunakan blender. Buatlah pakan tersebut rasanya mirip dengan pelet ikan caranya dengan memasukkan pelet ke dalam air panas dan taburi dengan agar-agar. Campurkanlah kedua adonan, tuangkan ke dalam wadah.

Jika sudah dingin langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memotongnya kecil-kecil berukuran seperti cacing agar bisa mudah dimakan ikan. Jika tidak telaten untuk membuatnya seperti cacing Anda bisa menyerut dengan potongan keju. Agar hasilnya maksimal pemberian pakan ini bisa dicampurkan dengan probiotik dimana bahan ini dipercaya bisa membuat pertumbuhan ikan koi lebih cepat dibandingkan yang tanpa menggunakan probiotik. Tidak hanya itu saja penyerapan nutrisi dan sari-sari makanan pun bisa lebih cepat dengan probiotik ini.

Jadwal Pemberian Pakan

Yang wajib untuk diperhatikan adalah jadwal pemberian pakannya. Pakan ikan koi bisa diberikan sesuai dengan cuaca dan juga iklim di kolam tempat ikan koi tersebut tinggal. Saat suhu tinggi Anda bisa memberikan pakan sebanyak 2 sampai dengan 4 kali dalam sehari sedangkan saat suhu rendah seperti 15 derajat celcius cukup diberikan makan 1 kali sehari saja.

Jika tidak memiliki waktu untuk membuat pakan secara alami jangan khawatir karena saat ini banyak makanan kemasan yang bisa dijadikan pilihan. Makanan ikan koi kemasan terbaik yang sangat berkualitas dan terbuat dari bahan-bahan bernutrisi tinggi, selain itu bisa disesuaikan dengan usia dan kebutuhan ikan koi Anda.

Butuh Ikan Koi Blitar Murah dan Berkualitas ? Silahkan Klik disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.