Cara Merawat Ikan Koi Yang benar

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Ikan koi merupakan ikan hias yang umumnya dipelihara di kolam. Saat ini penggemar ikan Koi semakin banyak apalagi saat pandemic seperti sekarang ini, karena semakin banyak waktu luang dirumah menyebabkan sebagian orang menyukai untuk memelihara ikan Koi ini.  Di Jepang, ikan koi sangat dihargai dan diyakini sebagai simbol keberuntungan. Ikan koi masih berhubungan langsung dengan ikan mas karena masih termasuk keluarga cyprinidae. Namun, perawatan dua jenis ikan ini tentu berbeda.

Mulai dibiakkan sejak abad ke-19 Jepang, ikan koi saat ini menjadi incaran para pecinta ikan hias. Pembiakkan ikan koi pun telah menjadi industri besar yang menguntungkan. Bagi para pemula yang baru mencoba memelihara ikan hias, berikut adalah cara merawat ikan koi yang  benar dan mudah dan bisa Anda praktekkan langsung untuk ikan Anda di rumah

Habitat ikan koi

Ikan koi liar berasal dari Asia dan Eropa. Mereka hidup di danau dan sungai dengan dasar berlumpur dan arus yang cukup tenang. Ikan hias ini banyak ditemukan di daerah dengan iklim sedang dan tropis. Untuk suhu air, ikan koi menyukai suhu di atas 70°F.

Untuk meniru habitat ikan koi yang asli bukan hal yang terlalu sulit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kolam agar ikan koi bisa terawat dengan baik. Pengaturan kolam

Kolam ikan koi harus memiliki suhu antara 74°F hingga 86°F selama sepanjang tahun. Aliran air tidak dibutuhkan di kolam ikan koi namun menambahkan aliran kecil atau air terjun hiasan tidak akan mengganggu ikan-ikan di dalamnya.

Untuk pH kolam, harus dijaga antara 6-9. Manfaatkan batu kapur yang dihancurkan agar air di kolam ikan koi memiliki pH yang stabil. Kolam harus terbuat dari beton dengan lapisan karet dan substrat dasar berlumpur. Pastikan kolam yang dibuat bisa menampung, setidaknya, 250 galon air hingga 1.000 galon air.

Teman di habitat

Di alam liar, ikan koi hidup di antara spesies ikan mas lain. Selain itu, ikan koi juga biasa ditemukan dengan ikan-ikan kecil, seperti minnows dan killfish. Ikan koi adalah ikan yang sangat damai. Ia tidak akan mengganggu atau memangsa ikan lain sehingga sang pemilik bisa memasangkannya dengan lebih banyak jenis ikan.

Namun, pasangan ikan koi yang paling umum adalah ikan mas. Ikan mas dan ikan koi memiliki warna yang mirip sehingga tampak sangat cantik saat berenang bersama.

Penyakit ikan koi

Ikan koi rentan terhadap virus herpes atau KHV. Virus ini menular dan bisa menyerang semua jenis ikan mas. KHV bisa dicegah dengan memeriksa kesehatan ikan secara cermat. Jika ingin memasukkan ikan baru ke kolam, ikan tersebut harus terlebih dulu di karantina selama dua minggu.

Selain itu, penyakit lain yang biasa menyerang ikan koi adalah kutu ikan dan penyakit ulseratif yang juga banyak menyerang ikan mas.

Makanan ikan koi

Di alam liar, ikan koi dikenal memiliki nafsu makan yang besar dengan pola makan yang mirip dengan ikan mas. Ikan koi termasuk omnivora yang memakan biji, tumbuhan, alga, zooplankton, dan serangga. Mereka tidak memangsa sesama ikan dan tidak akan memakan telurnya sendiri.

Makanan terbaik untuk ikan koi adalah campuran makanan alami dan komersial. Selain itu, mereka bisa memakan alga dan tumbuhan air.

Butuh Ikan Koi Blitar Murah dan Berkualitas ? Silahkan Klik disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.