Ikan Komet dan Koi, Serupa Tapi Tak Sama

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Jika anda berjalan-jalan di pusat penjualan ikan hias, disana akan anda temukan jenis ikan hias yang sangat mirip dengan ikan koi. Itulah ikan mas Komet. Ikan mas komet juga memiki pola dan warna yang mirip ikan koi, terutama jenis Kohaku. Sepintas, akan terlihat sama, namun jika diamati lebih dekat, maka akan terlihat jelas perbedaannya.

Ikan komet adalah termasuk jenis ikan mas dengan nama ilmiah ‘Carassius auratus’. Istilah ‘ikan mas’ juga dipakai untuk memberi nama ikan konsumsi. Namun untuk jenis Komet ini, berbeda dengan ikan mas konsumsi.

Ikan komet sangat populer di Amerika dan Eropa sebagai ikan hias yang dipelihara di dalam aquarium. Ikan ini sejak  dahulu kala sudah dipelihara sebagai ikan hias. Diketemukan pertama kali pada tahun 1758 di kawasan Asia Timur, Cina dan Jepang.  Di Indonesia, komet banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian barat khususnya di pulau Sulawesi.

Baca juga : CARA TEPAT KARANTINA KOI

Akuarium di Eropa pada tahun 1850-an yang menampung ikan komet

Ikan komet sesungguhnya lebih dekat kerabatnya dengan ikan mas koki, dan ukuran ikan ini paling besar hingga 48 cm tapi sangat jarang dan umurnya bisa sampai 40 tahun.

Ikan komet banyak jenisnya, antara lain ada yang memiliki ekor panjang, mirip ikan kumpay, dan ada pula yang ekornya pendek seperti ikan koi/ikan mas konsumsi. Mengenai warna komet umumnya berwarna merah polos, dan warna merahnya sangat pekat dan terang.

Kualitas warna merah pada komet, terkadang lebih bagus karena tampak sangat pekat (merah darah) jika dibandingkan dengan warna merah pada ikan Koi. Selain itu adapula jenis  komet yang memiliki pola mirip Kohaku, bahkan adapula yang mirip Koi Tancho. Keindahan warna komet inilah yang menarik perhatian para pehobi ikan hias.

Ikan komet yang banyak dijual adalah berukuran kecil, panjangnya berkisar 15-20 cm. Jika penjual menempatkan ikan ini di dalam aguarium, maka lebih mudah dibedakan dengan ikan koi. Namun, jika si penjual menempatkannya di dalam bak atau kolam, maka sepintas seperti ikan koi.

Oleh sebab itu, jika anda melihat sekumpulan ikan mirip koi berukuran kecil, namun warna merahnya sangat pekat dan cerah,  maka bisa saja itu adalah komet. Komet jarang sekali yang berukuran besar (lebih dari 25 cm).

Bagi anda yang baru memulai hobi memelihara ikan koi (newbie), jangan terburu-buru membeli ikan yang warna merahnya sangat pekat dan berukuran kecil. Pastikan bahwa ikan itu memang ikan koi. Jangan sampai salah beli.

Cara paling mudah untuk membedakan ikan komet dengan ikan koi adalah sbb :

Jika diamati dengan lebih seksama, bentuk badan komet sedikit berbeda dengan koi. Komet bentuk badannya relatif pendek, sedangkan ikan koi memanjang (streamline).

Amati bagian ekornya. Jika ukuran ekornya tampak agak panjang, maka itu adalah komet.

Warna merah komet sangat pekat dan terang. Bahkan warna merah dapat menutupi seluruh bagian tubuhnya. Memang mirip dengan higoi atau benigoi, namun warna komet tampak lebih pekat.

Bentuk kepala komet, agak kecil dibandingkan dengan koi.

Lebih aman jika anda membeli koi yang berukuran diatas 25 cm, sebab tidak ada atau jarang sekali ada komet yang panjangnya lebih dari 20 cm.

Butuh Ikan Koi Blitar Murah dan Berkualitas ? Silahkan Klik disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.