Kenali Ikan Koi Asli Berkualitas Dengan Ciri Berikut

Kenali Ikan Koi Asli Berkualitas Dengan Ciri Berikut

Duta Koi – Secara garis besarnya melihat ikan koi yang berkualitas adalah pekerjaan yang mudah-mudah susah. Penuh trik melihat ikan koi asli yang berkualitas ini.

Pada saat berenang bisa dilihat bentuk badannya, apabila bentuk badannya sempurna, itu akan secara langsung mempengaruhi gaya berenangnya.

Jangan terpengaruh dengan warna atau corak ikan koi yang sangat indah dan berwarna montok, tapi kamu juga harus memperhatikan siripnya yang lengkap atau tidak, jika tidak maka koi tersebut bisa dikatakan ikan koi yang tidak berkualitas.

Perlu di ingat juga bahwa ciri ciri ikan koi bertelur adalah memiliki perut yang buncit tentunya. Jangan di asumsikan jika perutnya buncit berarti ikan tersebut tidak normal, bisa saja memang ikan koi ini gemuk karena memang sedang bertelur.

Pastinya jika koi yang berkualitas adalah ikan koi yang dirawat dengan baik.

Nah, Berikut ini adalah ciri ciri mas koi yang berkualitas.

Garis Punggung Lurus Dan Punggung Melengkung Normal

Apabila kamu memperhatikan dari atas, garis punggung ikan koi seharusnya terlihat lurus dan ketika bergerak meliuk saat berenang, punggungnya melengkung dengan wajar.

Jika kamu lihat dari samping, garis sebelah atas dan bawah badannya meliuk dengan lengkungan yang wajar.

Artinya, jika koi terbaik, sebelah atas badannya tidak boleh terlalu melengkung, namun sebelah bawah jangan sampai membentuk garis lurus.

Koi yang saat berenang membentuk lengkungan yang terlalu tajam maka menandakan bahwa koi tersebut tidak layak kamu beli.

Sirip Ikan Tumbuh Sempurna

Sirip yang cantik dan besarannya sesuai dengan badannya, menjadikan koi tampak sempurna di mata kita. Yang paling penting kamu memperhatikan sirip pada dadanya.

Sirip ini tidak boleh cacat, karena jika cacat berarti ia memiliki penyakit bawaan atau cacat bawan dari lahir.

Beberapa koi yang tidak bagus, memiliki sirip-sirip di tubuhnya yang kerdil. Sirip ekor dan punggungnya sering sekali ditemukan cacat. Begitu pula dengan sirip perutnya dan sirip pada buntutnya.

Usahakan memperhatikan sirip-sirip ini sebelum membeli ikan koi dalam jumlah yang banyak. Carilah sirip yang sempurna, karena sirip sempurna bisa jadi pertanda bahwa ikan ini sehat.

Kepala Ikan Yang Berbentuk Sempurna

Ada beberapa wajah koi yang enak dilihat, namun ada beberapa juga pula yang tidak enak dilihat. Ada koi yang mempunyai hidung yang agak menonjol ke depan, ada lagi yang tidak mempunyai tonjolan.

Keduanya sih bisa saja dianggap tidak bagus, karena yang bagus adalah koi dengan bentuk hidung yang wajar-wajar saja. Namun juga tidak tenggelam dengan timbunan daging pada pipinya.

Begitu pula dengan bentuk rahangnya, jika rahang ikan koi bentuknya tidak waja, itu bisa saja diakibatkan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang ikan koi pada saat masih kecil.

Cacat pada rahang ini sangat mempengaruhi pada kepala ikan koi yang tidak enak dipandang. Penyakit ini juga mempengaruhi bentuk mulut dan insang.

Baca juga : TERNAK IKAN KOI MUDAH DENGAN CARA INI

Warna Sisik Yang Bercorak

Ciri ciri ikan koi berkualitas yang terakhir adalah dilihat dari sisiknya yang mempunyai corak yang menarik.

Warna dasar sisik dari ikan koi ini berwarna merah, hitam, kuning dan juga putih. Terkadang beberapa jenis ikan koi juga memiliki motif totol-totol pada tubuhnya sehingga menghasilkan warna yang cantik.

Ikan koi dikatakan bagus apabila ia mempunyai sifat aslinya yaitu bisa merubah warna sisiknya sesuai dengan tempat dimana ia hidup.

Ciri Ciri Ikan Koi Sakit

Sebenarnya ikan koi itu sendiri sangat rentan terserang penyakit lho, oleh karena itu kamu harus memperhatikan kebersihan kolam atau akuarium tempat dimana koi itu hidup.

Terkadang juga perubahan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi kondisi dari kesehatan ikan koi peliharaanmu, sehingga ikan koi mudah sekali terkena penyakit dari bakteri, parasit atau jamur yang tumbuh di sekitar kolam atau akuarium.

Berikut ciri ciri ikan koi sakit yang bisa kamu kenali.

Ikan koi yang biasanya bergerak aktif kini menjadi lebih lambat dari biasanya atau cenderung pasif. Hal ini bisa menandakan bahwa ikan koi yang kamu pelihara sedang tidak sehat.

Ciri ciri yang kedua adalah warna tubuh ikan koi terlihat pucat, dan muncul bercak-bercak kemerahan pada sisiknya. Hal itu bisa terlihat apabila ikan koi yang sakit kamu bandingkan warnanya dengan ikan koi yang sedang sehat.

Sirip ekor koi menjadi rusak dan nampak layu. Terkadang kamu bisa melihat ujung sirip pada ikan koi terlihat layu dan terdapat bercak kemerahan. Hal itu menandakan bahwa ikan koi mu sedang terserang penyakit.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.