Keunggulan Dalam Memelihara Ikan Koi

Keunggulan Dalam Memelihara Ikan Koi

Duta KOI – Ikan hias yang memiliki warna – warna begitu indah ini sering menjadi pilihan utama bagi para pecinta hias untuk dipelihara. Ikan Koi ini sendiri dalam perawatannya tidaklah begitu sulit. Suku Cina Dan Jepang percaya bahwa memelihara ikan ini akan memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Keindahan saat ikan ini berenang, selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecintanya.

Memelihara ikan hias dapat mengurangi kepenatan. Melihat ikan-ikan tersebut berenang di kolam atau akuarium menjadi hiburan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Biasanya, ikan yang dipelihara adalah jenis ikan air tawar atau air laut. Dari beberapa jenis ikan air tawar, ada beberapa keunggulan memelihara ikan koi.

Mudah beradaptasi

Dalam sebuah riset para pecinta ikan hias air tawar menyatakan bahwa Ikan koi merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi. Ia bisa menempati hampir semua tempat. Meskipun demikian, saat pemindahan sebaiknya jangan mengalami perubahan secara drastis. Ikan koi harus melalui masa karantina dan aklimatisasi sebelum diletakkan dalam kolam baru dan tercampur dengan koi lainnya.

Dalam hal pemeliharaannya ikan Koi juga tidak melulu membutuhkan tempat yang besar dalam proses kehidupannya. Karena Ikan Koi juga bisa dipelihara di lahan sempit. Jika lahan sempit, air tidak harus diganti setiap hari asalkan ada filtrasi yang tepat. Apabila Anda ingin memelihara ikan koi di kota besar, disarankan untuk tidak menggunakan air tanah karena sudah tercemar oleh polusi.

Warna memengaruhi harga

Sering sekali juga terdapat kontes untuk Ikan hias yang satu ini, penilaiannya mulai dari corak warna hingga keindahannya saat berenang. Koi yang memenangkan kontes bisa dijual dengan harga lebih dari Rp100 juta. Padahal, seekor koi biasa dijual sekitar Rp10.000—Rp100.000 saja. Perbedaan harga tersebut tergantung grade dan kualitas.

Baca juga : MENGENALI JENIS-JENIS IKAN KOI BAGIAN I

Keindahan warna ikan koi bisa didapat apabila memilih anakan ikan koi atau tategoi yang bagus. Jika sudah, ikan tersebut dibudidayakan berdasarkan standard operational procedure agar bisa memenangkan kontes.

Teman seumur hidup

Sebuah ikan Koi akan bisa berumur panjang jika dipelihara dengan baik dan benar tentunyan. Hal – hal yang harus kita perhatikan dalam merawat ikan ini salah satunya adalah kebersihan air kolam, dan menjaga lingkungan sekitar kolam agar tetap bersih dan terawatt tentunya. Filtrasi dan biosekuriti harus dilakukan dengan baik.

Pemberian pakan yang baik pada ikan koi juga harus diperhatikan. Tidka berlebihan dan jangan pula sampai kelupaan untuk memberinya. Hal ini karena berkaitan dengan kesehatan dan perkembangan ikan koi agar tetap terjaga.

Lembut dan jinak

Keunggulan lain dari ikan ini adalah ramah terhadap tamu baru yang akan tinggal bersama di kolam yang sudah duluan ditempatinya. Ikan koi yang lebih dulu ada di kolam tidak akan menyiksa koi yang baru saja ditambahkan. Hal ini menunjukkan sisi lembut dari koi. Pun jika sudah terbiasa dengan ikan koi tersebut, Anda bisa memberikan pakan secara langsung dengan tangan. Orang-orang juga biasa memberikan nama pada ikan koi peliharaannya.

Tidak pemilih terhadap perawatannya

Sudah bukan rahasia bila ikan koi adalah peliharaan keluarga. Artinya, satu keluarga bisa turut merawatnya hingga dewasa. Ikan koi tidak akan pilih-pilih dalam perawatannya. Itulah lebihan dari ikan ini dalam hal perawatannya. Sehingga memudahkan untuk siapa saja bisa merawatnya.

Silahkan klik disini untuk dapatkan Ikan Koi Blitar Murah dan Super.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.