Membuat Filter Kolam Ikan Koi Dengan Benar dan Tepat

Membuat Filter Kolam Ikan Koi Dengan Benar dan Tepat

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat Anda ingin melakukan budi daya ikan koi adalah kondisi kolam ikan koi. Kolam yang bersih dan terawat akan membuat ikan koi yang Anda miliki lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Sedangkan kolam yang tidak terawat bisa membuat ikan koi lebih rentan terkena penyakit, pudarnya warna ikan koi, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kualitas air dan kolam ikan koi. Salah satu cara untuk menjaga kondisi kolam ikan koi adalah dengan membuat filter pada kolam ikan koi. Nah, bagi Anda yang ingin membuat filter ikan koi, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu.

Prinsip Dasar Filter Kolam Ikan

Di alam bebas seperti sungai, air selalu mengalir sehingga supply oksigen untuk ikan akan senantiasa tercukupi. Selain itu, kondisi alam bebas yang terbuka, dengan adanya air hujan atau air terjun juga ikut membantu masuknya oksigen ke dalam air. Dengan begitu, kondisi oksigen di dalam air akan senantiasa tercukupi.

Akan tetapi, dalam kolam buatan, perputaran air tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Karena itu, Anda harus mencari cara agar supply oksigen di dalam air senantiasa terpenuhi. Keberadaan oksigen ini akan membantu ikan koi dalam melakukan proses pencernaan.

Selanjutnya, hasil pencernaan ini akan dikeluarkan dalam bentuk ammonia bersama dengan kotoran ikan. Selain dari kotoran ikan, ammonia juga berasal dari sisa – sisa makanan ikan. Keberadaan ammonia ini harus dibuang karena sifatnya yang beracun bagi ikan koi.

Di alam, pembuangan ammonia ini terjadi secara alami. Sedangkan di kolam buatan, Anda harus menggunakan filter yang dirancang secara khusus. Selain untuk memfilter ammonia, filter pada kolam ikan juga membantu Anda membersihkan kolam dari karbondioksida, nitrogen, dan partikel padat lainnya yang membuat kolam ikan koi jadi terlihat kotor.

Baca juga : CARA MEMBUAT FILTER MEKANIK SEDERHANA UNTUK KOLAM KECIL DAN KOLAM BESAR

Jenis – Jenis Filter Kolam Ikan

Ada dua jenis filter kolam ikan yang bisa Anda gunakan pada kolam ikan koi Anda. Yaitu filter mekanik dan filter biologis. Beberapa kolam ikan koi ada yang menggunakan kedua filter ini untuk mendapatkan hasil pembersihan yang lebih optimal.

Filter Mekanik

Ada dua metode dalam membuat filter mekanik. Yang pertama adalah dengan melewatkan air melalui wadah tertentu yang telah diisi dengan bahan untuk filter. Dan yang kedua adalah dengan mengalirkan air ke ruang terpisah sehingga partikel kotoran dapat mengendap di bagian bawah.

Filter Biologis

Pada filter biologis, proses filtrasi dilakukan dengan memanfaatkan bakteri tertentu untuk menguraikan bahan kimia beracun yang ada dalam kolam menjadi sesuatu yang tidak berbahaya bagi ikan. Proses filter biologis ini biasanya mengikuti rangkaian siklus nitrogen, yaitu mengubah ammonia menjadi nitrit, kemudian menjadi nitrat.

Biasanya, penggunaan tanaman air sebagai filter biologis diletakkan pada proses terakhir dari keseluruhan proses filtrasi. Tepatnya sebelum air dikembalikan ke dalam kolam ikan koi. Dengan begitu, air yang kembali ke kolam adalah air yang jernih, bersih, dan juga memiliki supply oksigen yang cukup untuk ikan koi.

Dengan adanya filter yang baik dan benar, maka kualitas air di kolam ikan koi juga akan semakin baik. Sehingga, kondisi kesehatan dan keindahan warna dari ikan – ikan koi yang Anda miliki bisa terjaga.

Bagi Anda yang ingin dapatkan ikan Koi Blitar yang berkualitas dan murah silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.