Mengenali Jenis-Jenis Ikan Koi Bagian II

Mengenali Jenis-Jenis Ikan Koi Bagian II

Duta Koi – Diartikel kali ini kita akan membahas kelanjutan dari artikel yang sebelumnya tentang jenis – jenis ikan Koi secara spesifik, yuk kita pelajari bersama.

8. Koromo

Koromo merupakan salah satu dari jenis-jenis ikan koi yang sangat dikagumi oleh para kolektor. Secara harafiah, koromo memiliki arti berjubah, yang menggambarkan pola merahnya yang seolah diberi garis luar dengan warna lebih gelap.

Sayangnya, pola tersebut belum terlihat ketika koromo masih muda. Padahal ketika sudah besar, polanya akan terlihat sangat mengesankan dan anggun. Sehingga banyak disukai oleh para kolektor ikan yang berasal dari Negeri Sakura ini.

Kekurangan lain dari koromo adalah, kemungkinan untuk mendapatkan pola yang bagus itu sangat kecil dibandingkan dengan jenis-jenis ikan koi yang lainnya. Sehingga menjadikan koromo yang polanya bagus akan memiliki harga yang tidak murah.

9. Hikarimono

Secara etimologi bahasa, hikarimono berasal dari kata hikari yang berarti bersinar atau berkilau dan mono yang bermakna tunggal. Sehingga hikarimono memiliki arti memiliki warna tunggal yang berkilau.

Sesuai dengan namanya, jenis ikan koi hikarimono ini memiliki sebuah warna tunggal yang berkilau. Mulai dari bagian kepalanya, sisik, bahkan hingga siripnya sekalipun akan memiliki warna yang sama dan seimbang.

Umumnya, hikarimono akan memiliki warna perak atau kuning keemasan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan ada variasi warna lainnya. Di antaranya adalah yamabuki ogon (kuning), orenji ogon (oranye), purachina ogon (platina), dan nezu ogon (abu-abu keperakan).

10. Hikarimoyo-mono

Hikarimoyo-mono ini merupakan salah satu dari jenis-jenis ikan koi metalik. Biasanya, ia memiliki lebih dari satu warna, tapi bukan dari garis keturunan utsuri.

Koi yang masuk dalam klasifikasi ini sangat populer karena memiliki banyak pilihan warna, terlihat sangat metalik, dan langsung menarik mata. Bahkan, warna tersebut sudah mulai terlihat sejak masih muda.

Namun, kalau kamu memang tertarik untuk membeli hikarimoyo-mono sejak masih muda, pastikan bahwa kepalanya bersih dari tanda seperti helm hitam. Meskipun itu hanya terlihat samar ketika masih kecil, tanda itu akan terlihat mencolok saat koimu tumbuh. Apalagi kalau kamu berniat mengikutkan hikarimoyo-mono pada perlombaan koi.

Tanda hitam di kepala koimu itu bisa dianggap sebagai cacat serius. Kalau sudah begitu tentu saja kamu tidak akan bisa memenangkan perlombaannya.

Baca juga : MENJAGA KUALITAS AIR KOLAM IKAN KOI

11. Hikari-Utsurimono

Seperti halnya hikarimoyo-mono, hikari-utsurimono merupakan hasil persilangan dari hikarimono dengan utsuri atau showa. Sehingga pada dasarnya ia akan terlihat seperti utsurimono atau showa dengan sisik yang berkilau.

Pada varietas ini dikenal istilah gin atau kin. Gin memiliki arti warna perak metalik sementara kin bermakna warna emas metalik. Istilah ini biasanya digunakan untuk membedakan jenis-jenis ikan koi hikari-utsurimono.

Beberapa jenis hikari-utsurimono adalah kin showa, gin shiro utsuri, gin showa, kin ki utsuri, kin hi utsuri, dan kage gin shiro. Pengkategorian tersebut biasanya dibedakan berdasar warna dasar dan polanya.

12. Tancho

Tancho termasuk dalam koi yang paling terkenal dibandingkan jenis-jenis ikan koi lainnya. Bahkan, merupakan hal yang lazim bagi pekolektor koi untuk memiliki lebih dari satu tancho di dalam kolamnya.

Nama tancho ini berasal dari burung nasional Jepang, bangau Tancho (Grus japonensis) yang memiliki satu tanda merah bulat di kepalanya. Secara harafiah, tancho dalam bahasa Jepang memiliki makna titik merah di kepala.

Tancho termasuk jenis ikan koi yang cukup dihargai di Jepang. Hal ini dikarenakan, seperti yang kamu lihat di gambar, ikan koi ini memiliki pola yang mirip dengan bendera Negeri Sakura tersebut.

13. Kinginrin

Kinginrin secara harafiah memiliki arti sisik emas keperakan. Ini mengacu pada efek berkilau dari sisik koi yang satu ini yang terlihat keemasan di atas warna merah dan keperakan di atas warna putih dan hitam.

Karena warnanya itu, kinginrin memiliki harga yang sangat tinggi dibandingkan jenis-jenis koi lainnya. Bahkan, jika kinginrinmu memiliki perpaduan yang indah, kamu bahkan bisa membawanya dalam perlombaan dan memenangkannya.

Ada empat jenis kinginrin yang banyak dikenal dan dijadikan koleksi. Di antaranya adalah pearl gin rin, diamond gin rin, beta-gin, dan kado-gin.

14. Kawarimono

Tidak seperti jenis-jenis ikan koi lainnya, klasifikasi kawarimono mengakomodasi semua jenis koi non-metalik yang tidak masuk ke klasifikasi manapun. Biasanya, jenis ikan koi yang masuk dalam klasifikasi ini merupakan hasil persilangan antara varietas yang berbeda yang garis keturunannya tidak terlalu jelas.

Silahkan klik disini untuk dapatkan Ikan Koi Blitar Murah dan Super.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.