Tips Memelihara Ikan Koi Bagi Pemula

Tips Memelihara Ikan Koi Bagi Pemula

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Ikan Koi termasuk salah satu ikan hias yang dapat ditemui di berbagai tempat, seperti rumah, kantor, dan pertokoan. Ikan Koi menjadi peliharaan karena merupakan salah satu ikan hias terbaik. Jika Anda tertarik, simak cara memelihara ikan koi untuk pemula di bawah ini.

Selain karena tampilannya yang unik, perawatan ikan Koi juga tergolong sangat mudah. Tidak hanya itu, Koi juga merupakan ikan yang jinak. Ikan Koi bahkan dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang-orang yang memeliharanya.

Nama Koi sendiri berasal dari bahasa Jepang, yakni Nishikoi, yang berarti ikan karper bersulam emas dan perak. Sisik ikan ini pada umumnya memiliki corak berwarna cerah, seperti putih, oranye, emas, dan perak. Bagi Anda yang baru akan memelihara ikan Koi, ikuti beberapa tips memelihara ikan Koi untuk pemula berikut ini.

1. Menyediakan kolam ikan

Hal pertama yang harus dipersiapkan jika Anda ingin memelihara ikan Koi adalah media peliharaannya. Ikan Koi yang dapat tumbuh menjadi sangat besar tampaknya tidak cocok diletakkan di dalam akuarium. Oleh karena itu, kolam menjadi tempat yang tepat untuk memelihara ikan Koi agar perkembangannya optimal.

2. Memenuhi kolam dengan air bersih

Anda perlu tahu bahwa Ikan koi tidak dapat langsung dimasukkan ke dalam kolam. Setelah menyediakan kolam, isi kolam tersebut dengan air bersih dan diamkan selama dua-tiga hari terlebih dulu. Hal ini perlu dilakukan guna menghilangkan bau semen dan cat yang masih tersisa di dalam kolam.

Setelah itu, ganti air dan isi kembali dengan air bersih. Pada penggantian air berikutnya, Anda dapat memasukkan ikan Koi yang berukuran kecil satu persatu untuk melihat keamanan kolam tersebut sebelum semua ikan dimasukkan ke dalamnya.

3. Mengkarantina ikan sebelum diletakkan ke dalam kolam

Sembari menunggu beberapa hari untuk membersihkan dan menormalkan kolam, Ikan Koi perlu dikarantina sebelum dilepas di kolam. Caranya adalah dengan meletakan ikan pada ember atau wadah besar. Jika memungkinkan, Anda perlu membatasi jumlah koi di dalam satu wadah agar ikan ini tidak stres.

Baca juga : LAKUKAN HAL INI DENGAN TELITI SAAT MEMBELI IKAN KOI

4. Memindahkan ikan ke dalam kolam

Setelah kolam siap diisi dengan ikan, pindahkan ikan Koi dari wadah ke dalam kolam. Namun, jangan lupa sertakan air dari dalam wadah ke dalam kolam agar ikan tidak kaget dan mudah beradaptasi dengan habitat barunya.

5. Membersihkan kolam secara rutin

Setelah meletakkan ikan ke dalam kolam, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan kolam. Anda sebaiknya membersihkan kolam setidaknya dua minggu sekali.

Selain itu, pantau perubahan warna air atau kondisi ikan Koi Anda. Menambahkan tanaman air seperti algae atau teratai juga bisa Anda lakukan untuk mempercantik kolam. Sementara itu, untuk membantu menjaga kebersihan air, Anda juga dapat menggunakan filter air yang berfungsi menyaring air di kolam agar selalu bersih.

6. Memberikan makan ikan secara rutin

Selain menjaga kebersihan kolam, memberikan makan ikan Koi merupakan rutinitas yang perlu Anda lakukan. Sama seperti makhluk hidup lainnya, Koi juga butuh diberi makan secara rutin dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Beri makan ikan koi dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan jumlah makanan yang tidak terlalu banyak. Jenis makanan ikan koi yang bisa Anda berikan kepada ikan jenis ini adalah pelet atau pakan ikan, cacing rambut, jentik nyamuk, dan kutu air.

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.