Tips Memelihara Ikan Koi di Halaman Sempit

Tips Memelihara Ikan Koi di Halaman Sempit

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Ikan Koi adalah ikan asli jepang dengan nama julukan Ilmiah Cyprinus Carpio yang sudah lama menyebar keseluruh dunia, tapi lebih banyak ditemukan di negara ASIA. Termasuk juga negara Indonesia yang tergolong negara pembudidaya. Tentu, karena memang banyak dari juragan-juragan empang yang emilih untuk beternak dan membudidayakan ikan koi.

Pada zaman dahulu ikan koi hanya bisa dimiliki para raja dan kaisar di Jepang. Ini karena ikan koi menjadi lambang kekayaan dan kemakmuran raja di Jepang. Harga ikan koi yang mahal inilah yang membuat tidak banyak orang bisa memilikinya.

Ikan koi bukan hanya dimiliki orang  yang rumahnya memiliki halaman luas saja. Namun di halaman sempit pun ikan koi juga bisa dipelihara, kolamnya memang kecil, namun akan tampak  manis  bila penempatannya tepat. Ikan koi bisa juga dipelihara pada kolam yang tidak luas, asal  padat penebarannya tetap sesuai dengan ketentuan akan terlihat cantik.

Untuk mulai memelihara ikan koi di halaman sempit ini diperlukan pengetahuan yang cukup menyangkut kontruksi kolam. Pemilihan ikan- ikan koi yang tepat untuk dipelihara dan juga cara-cara pemeliharaanya di kolam ikan koi sempit memang berbeda dengan kolam ikan koi yag memiliki ukuran yang besar.

Baca juga : KOLAM IKAN DARI BATU BATA YANG ANTI BOCOR

Letak dan Kontruksi Kolam ikan Koi di Halaman Sempit

Kolam yang digunakan untuk  ikan koi biasanya merupakan kolam hias yang  terletak ditaman pekarangan atau di dalam rumah. Dan sebaiknya kolam mendapatkan sinar matahari maksimal 60% yaitu seperti sinar matahari pagi.

Sinar yang terlalu banyak terutama ultra violet akan berakibat fatal pada ikan koi, ikan-ikan koi  akan jadi pucat dan warnanya memudar. Di ruang tertutup sekalipun kolam koi bisa juga dibuat, asalkan ada tambahan penerangan.

Bentuk kolam ikan koi biasanya disediakan dengan komposisi taman, karena rata-rata orang bertujuan memelihara ikan koi untuk melengkapi dan menambah variasi tamannya. Kolam ikan koi bisa berbentuk segiempat, bulat, oval atau berkelok-kelok. Yang penting kolam tidak perlu dihiasi batu karang, hal ini tidak boleh karena dengan adanya karang akan melukai tubuh dari ikan koi yang ada di kolam.

Kedalaman kolam kecil biasanya 50  sampai 60  cm. Bila Anda membuat kolam terlalu dangkal akan memberikan pengaruh buruk selain itu lumut juga akan cepat tumbuh  di kolam. Nah, jika  sinar ultraviolet terlalu banyak ini juga akan membuat ikan koi  berwarna pucat. Untuk pengisian air kolam sendiri  airnya cukup 25 sampai 30 cm, karena  biasanya untuk pemelihaa ikan koi pemula akan mulai memelihara ikan koi yang berukuran  20  cm.

Untuk sisa ketinggian pada kolam dapat mencegah atau mengurangi kemungkinan ikan koi melompat ke darat, yang akan mengakibatkan kerusakan sisik bahkan kematian untuk ikan koi akn terjadi jika tidak segera dikembalikan ke kolam. Untuk ikan koi yang berukuran  5 sampai 10 cm, kedalaman air cukup 20  cm saja. Semakin besar ukuran  ikan koi pastinya untuk kedalaman air harus semakin dalam

Kolam seluas 1  m2 cukup disisi dengan  2  ekor ikan koi yang berukuran  20  cm. Hal ini agar gerak ikan koi tidak terhambat. Sedangkan kolam berukuran 1x 2 m2 bisa diisi dengan 20  ekor ikan koi muda atau yang sebesar ibu jari dewasa sekitar  5  cm-an.

Untuk ikan koi yang baik untuk dipelihara oleh pemula adalah ikan koi yang berumur  6  bulan sampai 1 tahun dengan ukuran tubuh  8 samai  15 cm. Pada fase ini pertumbuhan ikan koi sedang pesat-pesatnya sehingga dapat kita amati perkembangan pertumbuhannya seperti warna tubuh,  serta berbagai peyakit yang mungkin mengenai tubuh ikan koi yang menjangkiti.

Pengalaman mengamati ikan koi ini akan menjadi bekal perting untuk pemeliharaan selanjutnya . bentuk tubuh ikan koi yang bagus untuk dipelihara adalah yang berbadan ramping, tidak gendut dan memiliki  pigmen warna yang tebal dan komposisi warna yang seimbang.

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.