Penanganan Tepat Mengatasi Penyakit Aeromonas Hydrophila pada Ikan Koi

Apabila pemelihara dan juga pembudidayaan pada ikan koi dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat maka ikan koi bisa Mengalami berbagai dampak yang buruk. Dampak tersebut tidak hanya merugikan untuk sang pembudidaya atau pemelihara namun juga memberikan dampak yang buruk pada kondisi ikan koi tersebut seperti datangnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ikan koi.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang ikan koi adalah Aeromonas Hydrophila. Jenis dari Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah serangan dari bakteri Aeromonas Hydrophila.

Gejala Aeromonas Hydrophila pada Koi

Hadirnya penyakit Aeromonas Hydrophila pada ikan koi tentunya memiliki berbagai macam gejala. Gejala yang dialami akan terjadi dalam beberapa tahap yang nantinya bisa berpengaruh dari beberapa hal pada ikan koi mulai dari tampilannya hingga pada perilakunya.

Gejala awal yang biasanya dirasakan ikan koi yang terkena penyakit Aeromonas Hydrophila adalah gejala awal ikan akan sering berdiam dan malas bergerak walaupun masih memiliki nafsu makan yang baik., selanjutnya ikan berdiam didasar kolam dan kadang menyendiri memisahkan diri dari kawanannya, tubuh ikan memproduksi lendir (mucus) berlebihan sehingga warnanya cenderung kusam.. Hingga pada gejala selanjutnya Jika ikan koi masih belum bisa sembuh ikan akan kehilangan nafsu makan, muncul warna merah disekitar lembar sirip dan pangkal sirip kadang disertai pembengkakan, terjadi pembengkakan pada perut bagian bawah. Jika ikan koi tidak kunjung membaik biasanya terdapat gejala akut kesulitan bernafas sehingga sering berdiam di bawah pancuran, pada kondisi ikan sering melakukan gerakan tidak terkontrol atau kejang-kejang, cacat permanen yang bisa terjadi kapan saja.

Cara Mengatasi Aeromonas Hydrophila

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi Aeromonas Hydrophila agar ikan koi tidak sampai pada tahap yang lebih parah atau bahkan bisa mengalami kematian. Penanganan yang tepat juga bisa dilakukan dengan memberikan berbagai macam treatment yang sesuai dengan standar dan cara yang benar seperti melakukan pengobatan hingga melakukan cara preventif untuk menghindari ikan koi dari berbagai macam penyakit seperti salah satunya penyakit Aeromonas Hydrophila.

Tips Pengobatan Aeromonas Hydrophila

Pengobatan untuk ikan koi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Oral treatment dengan mencampurkan antibiotik kedalam pakan, ini hanya effektif pada ikan yang baru terinfeksi., Perendaman kedalam air yang berisi antibiotik (untuk infeksi tahap lanjut) sampai ke Injeksi antibiotik (untuk infeksi ikan yang sudah akut).

Jika anda ingin melakukan pengobatan secara alami maka anda bisa memanfaatkan berbagai macam bahan seperti diantaranya:

  1. Terramycin / Oxytetracycline
  2. Sodium Sulfamerazine
  3. Sodium Nifurstyrenate

Cara Pencegahan Aeromonas Hydrophila pada Koi

Banyak yang mengatakan bahwa mencegah penyakit pada ikan koi lebih baik dibanding dengan mengobatinya. Untuk itu pencegahan juga dapat dilakukan agar ikan koi dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit Aeromonas Hydrophila yaitu dengan cara:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari
  • Jika didapati ikan terinfeksi dengan ciri-ciri diatas segera pindahkan ke bak karantina untuk diobati, ikan yang masih sehat di kolam diberi pakan yang terbuat dairi 1 kg pelet yang dicampur dengan 3-5 gram Oxytetracycline

Untuk itu bagi Anda yang saat ini tertarik dan ingin memiliki ikan koi dengan kualitas terbaik yang terhindar dari berbagai macam penyakit maka anda bisa langsung mendapatkan bibit ikan koi ataupun ikan koi indukan dengan berbagai macam ukuran di tempat kami.

Jenis dari ikan koi yang kami miliki juga sangat beragam yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan Anda yang pastinya sudah terjamin kualitasnya. Bagi Anda yang berminat Anda juga dapat menghubungi secara langsung pada kontak yang telah kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.