Penanganan Tepat Mengatasi Penyakit Blood Brown pada Ikan Koi

Apabila pemelihara dan juga pembudidayaan pada ikan koi dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat maka ikan koi bisa Mengalami berbagai dampak yang buruk. Dampak buruk yang sering terjadi adalah terserangnya ikan koi oleh penyakit yang bisa saja membuat ikan koi memiliki tampilan yang berbeda dan juga lebih buruk adalah kematian.

Jenis penyakit yang cukup berbahaya dan perlu dihindari adalah penyakit Blood Brown. Jenis dari Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah serangan dari bakteri Nitriosomonas.

Gejala Blood Brown pada Koi

Jika ikan koi terkena penyakit Blood Brown maka akan terjadi beberapa gejala yang dialami. Gejala yang dialami akan terjadi dalam beberapa tahap yang nantinya bisa berpengaruh dari beberapa hal pada ikan koi mulai dari tampilannya hingga pada perilakunya.

Gejala awal yang biasanya dirasakan ikan koi yang terkena penyakit Blood Brown adalah muncul urat merah pada tubuh, warna kulit menjadi kusam, ikan cenderung berada didekat pancuran air. Hingga pada gejala selanjutnya Jika ikan koi masih belum bisa sembuh ikan sering menggantung dengan kepala dibawah dan ekor diatas, pada kondisi parah sering dijumpai ulcer dan rusak sisik akibat infeksi sekunder, sisik memar dan berdarah. Gejala tersebut akan semakin bertambah buruk apabila ikan koi tidak kunjung membaik yang ditandai oleh beberapa gejala akut muncul luka/ulcer atau iritasi pada sekujur tubuh ikan., , .

Cara Mengatasi Blood Brown

Untuk mengatasi penyakit Blood Brown yang sedang menjangkit ikan koi maka ada berbagai macam cara untuk mengatasinya dan menyembuhkannya. Melakukan tindakan yang tepat untuk ikan koi seperti beberapa treatment yang sesuai dengan standar yang ada dengan melakukan pengobatan sehingga pencegahan agar ikan koi tersebut bisa kembali sembuh dari Blood Brown.

Tips Pengobatan Blood Brown

Banyak variasi pengobatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan ikan koi jika terkena Blood Brown. Pengobatan awal seperti Ganti air sebagian 20%-30% untuk mengurangi konsentrasi nitrit, Beri aerasi tambahan ke kolam sampai ke Kurangi porsi pakan sampai kondisi normal kembali dapat dilakukan dengan panduan yang tepat agar terhindar dari berbagai dampak buruk.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk seperti:

  1. Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit
  2. Daun Pepaya
  3. Tanaman Tusuk konde

Cara Pencegahan Blood Brown pada Koi

Salah satu hal yang sering sekali kita dengar untuk menghindari penyakit adalah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Untuk itu pencegahan juga dapat dilakukan agar ikan koi dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit Blood Brown yaitu dengan cara:

  • Kurangi kepadatan ikan
  • Rajin mengganti air secara reguler
  • Perbaiki sistem filtrasi biologi

Untuk itu bagi Anda yang saat ini berminat memelihara atau membudidayakan ikan koi namun ingin ikan koi yang terbebas dari penyakit dengan jaminan kualitas, makanya kita mendapatkannya dan membelinya di tempat kami.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi yang sudah terjamin kualitasnya dan pasti terbebas dari berbagai macam penyakit. Bagi Anda yang berminat Anda juga dapat menghubungi secara langsung pada kontak yang telah kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.