Penanganan Tepat Mengatasi Penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Ikan Koi

Melakukan pemeliharaan dan pembudidayaan ikan koi dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka bisa mengakibatkan berbagai macam dampak. Salah satu dampak buruk yang dapat terjadi pada ikan koi jika mengalami treatment yang salah adalah ikan dapat terserang oleh berbagai jenis penyakit berbahaya yang bisa saja membuat ikan koi mati.

Penyakit yang cukup berbahaya dan bisa membuat ikan koi tersebut mengalami kematian atau bahkan kerusakan pada bagian tubuhnya adalah Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis). Penyakit ini bisa terjadi dari beberapa aspek yang salah satunya adalah serangan bakteri Branchiomyces sanguinis.

Gejala Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Koi

Hadirnya penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada ikan koi tentunya memiliki berbagai macam gejala. Gejala tersebut terjadi atas beberapa tahap yang yang bisa membuat ikan koi memiliki perilaku hingga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Gejala awal yang biasanya dirasakan ikan koi yang terkena penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) adalah gejala awal ikan terjangkit branchiomyces sanguinis akan akan menunjukkan gejala bernafas dengan tersengal-sengal, ikan akan malas bergerak, insang tampak mengeras dipenuhi oleh jamur yang hampir serupa dengan tumpukan kotoran dan insang berwarna pucat. Penanganan yang salah juga bisa mengakibatkan ikan koi terkena gejala lanjutan ikan akan kehilangan nafsu makan, , . Tidak hanya berhenti sampai di situ karena apabila pada gejala lanjutan yang terjadi pada ikan koi masih belum bisa tertangani dengan baik dan benar maka akan terjadi gejala akut , , dan bisa saja ikan koi tersebut tidak terselamatkan.

Cara Mengatasi Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis)

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) agar ikan koi tidak sampai pada tahap yang lebih parah atau bahkan bisa mengalami kematian. Penanganan yang tepat juga bisa dilakukan dengan memberikan berbagai macam treatment yang sesuai dengan standar dan cara yang benar seperti melakukan pengobatan hingga melakukan cara preventif untuk menghindari ikan koi dari berbagai macam penyakit seperti salah satunya penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis).

Tips Pengobatan Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis)

Pengobatan untuk ikan koi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara pengobatan awal yang dapat dilakukan untuk ikan koi yang sudah terkena penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) adalah dengan Perendaman selama 3 jam kedalam larutan yang berisi 0,3 ppm Malachite Green dan 1 ppm Copper Sulphate, setelah itu kuras air dan ganti air dengan larutan Acrivlavine 1 gr per m3 air. Lakukan selama 5 hari, Untuk gejala awal bisa dilakukan perendaman kedalam larutan 3-5% garam ikan selama 5 menit sampai ke Vaksin.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk seperti:

  1. Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit
  2. Laos/lengkuas
  3. Bawang Putih

Cara Pencegahan Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Koi

Salah satu hal yang sering sekali kita dengar untuk menghindari penyakit adalah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Maka dari itu harus dilakukan beberapa pencegahan agar ikan koi bisa terbebas dari Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) seperti diantaranya adalah:

  • Segera lakukan tindakan mengisolasi ikan yang terinfeksi penyakit ini
  • Rajin membersihkan chamber filter mekanis, kotoran yang menumpuk lama dapat menjadi sumber timbulnya jamur
  • Lakukan pengukuran parameter secara reguler terutama jaga pH diatas 6,5

Bagi Anda yang saat ini sedang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi karena Anda bisa membelinya di tempat kami karena kami sudah menjamin bahwa ikan koi dan juga bibit koi yang kami jual pastinya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jenis dari ikan koi yang kami miliki juga sangat beragam yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan Anda yang pastinya sudah terjamin kualitasnya. Bagi Anda yang berminat Anda juga dapat menghubungi secara langsung pada kontak yang telah kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.