Cara Tepat Mengatasi Penyakit Colummnaris pada Ikan Koi

Apabila pemelihara dan juga pembudidayaan pada ikan koi dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat maka ikan koi bisa Mengalami berbagai dampak yang buruk. Dampak buruk yang bisa terjadi pada ikan koi seperti terserang nya berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang ikan koi adalah Colummnaris. Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah munculnya Flexibacter Colummnaris yang bisa saja menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit tersebut.

Gejala Colummnaris pada Koi

Hadirnya penyakit Colummnaris pada ikan koi tentunya memiliki berbagai macam gejala. Terdapat beberapa tahapan gejala yang biasanya menyerang ikan koi sehingga membuat ikan memiliki perilaku dan juga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Pada penyakit Colummnaris memiliki gejala awal seperti diantaranya adalah luka awal pada kulit tampak kecil, terdapat daerah berwarna kebiru biruan yang meluas menjadi luka nekrosis, sirip mengalami necrosis, luka yang ditimbulkan bakteri ini memiliki pinggiran kekuningan dan putih dengan disertai inflammasi ringan. Terkadang apabila ikan koi tersebut tidak ditangani dengan sangat baik maka bisa saja mengalami gejala lanjutan mulut ikan yang terinfeksi ditutupi dengan material lendir yang kekuning–kuningan, jika menyerang insang, maka insang akan tertutup seperti kapas berwarna putih kekuningan, . Jika ikan koi tidak kunjung membaik biasanya terdapat gejala akut ikan menjadi penakut dan selalu sembunyi sepanjang waktu, , yang bisa terjadi kapan saja.

Cara Mengatasi Colummnaris

Ada berbagai macam hal dan cara untuk mengatasi ikan koi yang sudah terlanjur terkena penyakit Colummnaris agar cepat pulih. Anda perlu mengetahui secara lebih detail dan tepat berbagai macam treatment yang bisa dilakukan untuk mengobati ikan koi seperti memberikan pengobatan khusus sehingga cara pencegahan agar ikan koi terhindar dari Colummnaris.

Tips Pengobatan Colummnaris

Ada berbagai macam pengobatan yang bisa dilakukan jika ikan koi terkena penyakit Colummnaris. Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Isolasi ikan yang terjangkit ke bak karantina, Perendaman panjang menggunakan 0,5 gr Acriflavine selama 5 hari sampai ke Perendaman singkat kedalam larutan 30-50 gram Oxytetracycline dan 5 kg Garam Ikan kedalam 1000 L air diulang selama selama 5-7 hari.

Jika anda ingin melakukan pengobatan secara alami maka anda bisa memanfaatkan berbagai macam bahan seperti diantaranya:

  1. Beri pakan yang sudah diberi Oxytetracycline 3 gr per kg pakan
  2. Karena penyakit ini menunjukan gejala sama dengan penyakit infeksi jamur ada baiknya juga diberikan obat antijamur Metylene Blue atau Malachite Green secara bersamaan
  3. Alternatif obat: Potassium permanganate, Copper sulpate, Penoxcyethanol

Cara Pencegahan Colummnaris pada Koi

Banyak yang mengatakan bahwa mencegah penyakit pada ikan koi lebih baik dibanding dengan mengobatinya. Berikut ini terdapat beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan agar ikan koi yang anda miliki terbebas dari Colummnaris, seperti diantaranya:

  • Jaga parameter air dalam kondisi baik
  • diutamakan kandungan oksigen terlarut dan kandungan amonia harus memenuhi persyaratan minimal
  • Hindari/kurangi kepadatan ikan dikolam

Untuk itu bagi Anda yang saat ini tertarik dan ingin memiliki ikan koi dengan kualitas terbaik yang terhindar dari berbagai macam penyakit maka anda bisa langsung mendapatkan bibit ikan koi ataupun ikan koi indukan dengan berbagai macam ukuran di tempat kami.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi indukan dan bibit ikan koi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Bagi Anda yang berminat Anda juga dapat menghubungi secara langsung pada kontak yang telah kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.