Cara Tepat Mengatasi Penyakit Dropsi (Pine Cone) pada Ikan Koi

Untuk memelihara dan juga memberikan ikan koi tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak mengalami dampak buruk. Dampak tersebut tidak hanya merugikan untuk sang pembudidaya atau pemelihara namun juga memberikan dampak yang buruk pada kondisi ikan koi tersebut seperti datangnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ikan koi.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang ikan koi adalah Dropsi (Pine Cone). Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah munculnya belum diketahui yang bisa saja menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit tersebut.

Gejala Dropsi (Pine Cone) pada Koi

Ada berbagai macam gejala yang hadir jika ikan koi terkena penyakit Dropsi (Pine Cone). Gejala yang dialami akan terjadi dalam beberapa tahap yang nantinya bisa berpengaruh dari beberapa hal pada ikan koi mulai dari tampilannya hingga pada perilakunya.

Gejala awal yang biasanya terjadi pada ikan koi yang terkena penyakit Dropsi (Pine Cone) adalah perut ikan terlihat dibagian perut ikanmembesar secara bilateral, pada ikan bersisik dropsi menyebabkan sisik ikan terangkat yang terkadang diikuti oleh munculnya bercak darah, kotoran ikan tampak lebih panjang dan berwarna pucat kadang disertai pendarahan atau berwarna hitam. Apabila ikan koi tidak ditangani dengan baik dan benar maka akan terjadi gejala lanjutan yang bisa menyerang obesitas, , . Dan apabila hal tersebut semakin memburuk karena penanganan yang tidak cepat dan tepat maka akan terjadi gejala akut gagal ginjal, tumor, retensi telur.

Cara Mengatasi Dropsi (Pine Cone)

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi Dropsi (Pine Cone) agar ikan koi tidak sampai pada tahap yang lebih parah atau bahkan bisa mengalami kematian. Melakukan tindakan yang tepat untuk ikan koi seperti beberapa treatment yang sesuai dengan standar yang ada dengan melakukan pengobatan sehingga pencegahan agar ikan koi tersebut bisa kembali sembuh dari Dropsi (Pine Cone).

Tips Pengobatan Dropsi (Pine Cone)

Ikan koi yang terkena penyakit bisa dilakukan pengobatan Dropsi (Pine Cone) dengan cara yang tepat dan juga sesuai. Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Memperbaiki kualitas air, dan cari penyebab utamanya, Rendam dalam larutan yg mengandung Oxytetracycline atau Enrofloxacin 2 gr per m3 dan 0,1%-0,3% akan mengurangi stress osmosis sampai ke Infeksi bakteri diobati dengan antibiotik Terramicyn Injection dengan takaran 1 CC per kg berat badan.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan untuk menjaga keamanan dan juga menghindari efek samping pada ikan koi seperti memberikannya beberapa apa obat alami yaitu:

  1. Beri pakan yang mengandung Oxytetracycline 2 gr dicampur 1 kg pakan selama pengobatan
  2. Banyak expert menyatakan Dropsi sulit diobati dan bila dalam 3 hari ditangani tidak menunjukan kemajuan maka tindakan euthanasia lebih humanis
  3. Daun sirsat

Cara Pencegahan Dropsi (Pine Cone) pada Koi

Tentu anda pernah mendengar jika lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu anda bisa melakukan beberapa pencegahan untuk menghindari ikan koi dari Dropsi (Pine Cone) yaitu diantaranya:

  • Senantiasa menjaga kebersihan kolam, karena umumnya lingkungan yang buruk menjadi penyebab timbulnya dropsy
  • Gunakan lampu UV untuk menekan pertumbuhan jamur di kolam
  • Jaga parameter air

Untuk itu bagi Anda yang saat ini tertarik dan ingin memiliki ikan koi dengan kualitas terbaik yang terhindar dari berbagai macam penyakit maka anda bisa langsung mendapatkan bibit ikan koi ataupun ikan koi indukan dengan berbagai macam ukuran di tempat kami.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi yang sudah terjamin kualitasnya dan pasti terbebas dari berbagai macam penyakit. Jika Anda berminat maka anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan untuk bisa mendapatkan ikan koi pilihan kualitas super yang kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.