Cara Tepat Mengobati Penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) pada Ikan Koi

Melakukan pemeliharaan dan pembudidayaan ikan koi dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka bisa mengakibatkan berbagai macam dampak. Dampak buruk yang sering terjadi adalah terserangnya ikan koi oleh penyakit yang bisa saja membuat ikan koi memiliki tampilan yang berbeda dan juga lebih buruk adalah kematian.

Penyakit yang cukup berbahaya dan bisa membuat ikan koi tersebut mengalami kematian atau bahkan kerusakan pada bagian tubuhnya adalah Dystocia (Gagal Berpijah). Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah munculnya belum diketahui yang bisa saja menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit tersebut.

Gejala Dystocia (Gagal Berpijah) pada Koi

Ada berbagai macam gejala yang hadir jika ikan koi terkena penyakit Dystocia (Gagal Berpijah). Terdapat beberapa tahapan gejala yang biasanya menyerang ikan koi sehingga membuat ikan memiliki perilaku dan juga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Pada penyakit Dystocia (Gagal Berpijah) memiliki gejala awal seperti diantaranya adalah perut koi membesar dibawah garis lateral, jika dipegang terasa mengeras, ikan menjadi tidak gesit pergerakannya, bagian kelamin tampak memerah. Terkadang apabila ikan koi tersebut tidak ditangani dengan sangat baik maka bisa saja mengalami gejala lanjutan , , . Jika ikan koi tidak kunjung membaik biasanya terdapat gejala akut , , yang bisa terjadi kapan saja.

Cara Mengatasi Dystocia (Gagal Berpijah)

Beberapa cara yang bisa dilakukan apabila ikan koi sudah terkena Dystocia (Gagal Berpijah) agar cepat sembuh dan juga tampilannya kembali seperti biasanya. Mengetahui dengan pasti cara yang tepat dan tindakan yang tepat untuk menangani ikan koi merupakan hal yang cukup penting yang biasanya akan dilakukan beberapa pengobatan dan juga pencegahan untuk menghindari ikan koi dari Dystocia (Gagal Berpijah).

Tips Pengobatan Dystocia (Gagal Berpijah)

Ada berbagai macam pengobatan yang bisa dilakukan jika ikan koi terkena penyakit Dystocia (Gagal Berpijah). Pengobatan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam tahap diantaranya seperti Ovaprim Injection, Vaksin hingga Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk seperti:

  1. Tanaman serai
  2. Daun Sirih
  3. Daun sirsat

Cara Pencegahan Dystocia (Gagal Berpijah) pada Koi

Pastinya anda sering mendengar bahwa mencegah adalah tindakan yang lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Maka dari itu harus dilakukan beberapa pencegahan agar ikan koi bisa terbebas dari Dystocia (Gagal Berpijah) seperti diantaranya adalah:

  • Dipijahkan
  • Buang Telur
  • Tindakan medis menggunakan CPE (Carp Pituitary Extract) melalui suntikan dengan dosis 0,3 grm per berat ikan dan diulangi setiap 18 jam

Maka dari itu anda tidak perlu khawatir Jika anda ingin memiliki ataupun memelihara ikan koi karena saat ini kami sudah menyediakan ikan koi indukan dan juga bibit ikan koi yang sudah terjamin terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi yang sudah terjamin kualitasnya dan pasti terbebas dari berbagai macam penyakit. Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan Apabila Anda berminat untuk mendapatkan ikan koi terbaik yang kami jual.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.