Cara Tepat Mengobati Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Ikan Koi

Melakukan pemeliharaan dan pembudidayaan ikan koi dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka bisa mengakibatkan berbagai macam dampak. Salah satu dampak buruk yang dapat terjadi pada ikan koi jika mengalami treatment yang salah adalah ikan dapat terserang oleh berbagai jenis penyakit berbahaya yang bisa saja membuat ikan koi mati.

Salah satu jenis penyakit yang sering sekali menyerang ikan koi adalah Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Munculnya Penyakit ini pada ikan koi bisa terjadi karena beberapa hal seperti diantaranya serangan dari bakteri yang dinamakan bakteri Saprolegnia sp.

Gejala Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Koi

Ada berbagai macam gejala yang hadir jika ikan koi terkena penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Gejala tersebut juga memiliki beberapa tahapan yang bisa sangat berpengaruh tidak hanya dari bentuk tubuh yang berbeda dari biasanya namun juga perilaku ikan koi tersebut.

Pada penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) memiliki gejala awal seperti diantaranya adalah pada tahap awal muncul bercak putih keabuan pada kulit berukuran kecil makin lama makin besar pada ekor dan jaringan lunak dan diujung sirip yang bersifat lokal (terlokalisir), tahap lanjut muncul muncul selaput putih seperti kapas pada kulit dan insang, ikan menjadi malas bergerak dan kurang respon terhadap ransangan. Hingga pada gejala selanjutnya Jika ikan koi masih belum bisa sembuh ikan sering menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam, sebelum mati ikan menunjukan gejala kehilangan keseimbangan yang berakibat kematian ikan karena masalah osmosis jika infeksi di insang berakibat kesulitan bernafas, . Tidak hanya berhenti sampai di situ karena apabila pada gejala lanjutan yang terjadi pada ikan koi masih belum bisa tertangani dengan baik dan benar maka akan terjadi gejala akut , , dan bisa saja ikan koi tersebut tidak terselamatkan.

Cara Mengatasi Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)

Ada berbagai macam hal dan cara untuk mengatasi ikan koi yang sudah terlanjur terkena penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) agar cepat pulih. Mengetahui dengan pasti cara yang tepat dan tindakan yang tepat untuk menangani ikan koi merupakan hal yang cukup penting yang biasanya akan dilakukan beberapa pengobatan dan juga pencegahan untuk menghindari ikan koi dari Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis).

Tips Pengobatan Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)

Ada berbagai macam pengobatan yang bisa dilakukan jika ikan koi terkena penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Perendaman kedalam larutan 1 gram/100 liter air Kalium Permangatat (PK) selama 90 menit, Perendaman kedalam 100-200 ppm Formalin selama 1-3 jam sampai ke Perendaman kedalam 3-5 ppm Methylene Blue selama 24 jam.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk seperti:

  1. Bawang Putih
  2. Daun Pace
  3. Daun Jarak bali

Cara Pencegahan Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Koi

Salah satu hal yang sering sekali kita dengar untuk menghindari penyakit adalah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Berikut ini terdapat beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan agar ikan koi yang anda miliki terbebas dari Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis), seperti diantaranya:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jaga PH air diatas 6,5
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari

Bagi Anda yang saat ini sedang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi karena Anda bisa membelinya di tempat kami karena kami sudah menjamin bahwa ikan koi dan juga bibit koi yang kami jual pastinya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada berbagai macam jenis dari ikan koi yang yang sudah terjamin kualitasnya. Bagi Anda yang berminat Anda juga dapat menghubungi secara langsung pada kontak yang telah kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.