Cara Tepat Mengatasi Penyakit Koi Herpes Virus (KHV) pada Ikan Koi

Melakukan pemeliharaan dan pembudidayaan ikan koi dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka bisa mengakibatkan berbagai macam dampak. Dampak tersebut tidak hanya merugikan untuk sang pembudidaya atau pemelihara namun juga memberikan dampak yang buruk pada kondisi ikan koi tersebut seperti datangnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ikan koi.

Salah satu jenis penyakit yang sering sekali menyerang ikan koi adalah Koi Herpes Virus (KHV). Jenis dari Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah serangan dari bakteri Cyprinid herpesvirus 3.

Gejala Koi Herpes Virus (KHV) pada Koi

Apabila ikan koi sudah terlanjur terkena Koi Herpes Virus (KHV) maka akan muncul berbagai macam gejala. Terdapat beberapa tahapan gejala yang biasanya menyerang ikan koi sehingga membuat ikan memiliki perilaku dan juga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Pada gejala awal biasanya ikan koi akan mengalami gejala khas penyakit khv dapat dilihat dari kerusakan yang terjadi pada insang yang diawali dengan memucatnya warna insang dan selanjutnya terjadi kerusakan pada lembaran insang, pada kasus serangan yang parah yaitu insang akan mengalami pendarahan yang umumnya terlihat kesulitan bernafas, gerakannya tidak terkontrol. Penanganan yang salah juga bisa mengakibatkan ikan koi terkena gejala lanjutan mata terlihat cekung, nafsu makan menurun, produksi lendir berlebihan diikuti dengan munculnya luka seperti melepuh disekujur badan akibat infeksi bakteri. Dan apabila hal tersebut semakin memburuk karena penanganan yang tidak cepat dan tepat maka akan terjadi gejala akut pendaran dari insang, kerusakan tubuh bagian luar, kematian singkat dalam waktu 2-3 hari dalam jumlah banyak.

Cara Mengatasi Koi Herpes Virus (KHV)

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi Koi Herpes Virus (KHV) agar ikan koi tidak sampai pada tahap yang lebih parah atau bahkan bisa mengalami kematian. Mengetahui dengan pasti cara yang tepat dan tindakan yang tepat untuk menangani ikan koi merupakan hal yang cukup penting yang biasanya akan dilakukan beberapa pengobatan dan juga pencegahan untuk menghindari ikan koi dari Koi Herpes Virus (KHV).

Tips Pengobatan Koi Herpes Virus (KHV)

Ikan koi yang terkena penyakit bisa dilakukan pengobatan Koi Herpes Virus (KHV) dengan cara yang tepat dan juga sesuai. Pengobatan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam tahap diantaranya seperti Vaksin, Methylene Blue hingga Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan untuk menjaga keamanan dan juga menghindari efek samping pada ikan koi seperti memberikannya beberapa apa obat alami yaitu:

  1. Daun Pace
  2. Daun Jambu Biji
  3. Daun sirsat

Cara Pencegahan Koi Herpes Virus (KHV) pada Koi

Salah satu hal yang sering sekali kita dengar untuk menghindari penyakit adalah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Maka dari itu harus dilakukan beberapa pencegahan agar ikan koi bisa terbebas dari Koi Herpes Virus (KHV) seperti diantaranya adalah:

  • Jangan Memasukan ikan di kolam tampa proses karantina yang cukup
  • Pemberian Vitamin C dan bawang putih yang dicampur kedalam pakan
  • Jaga kebersihan kolam

Bagi Anda yang saat ini sedang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi karena Anda bisa membelinya di tempat kami karena kami sudah menjamin bahwa ikan koi dan juga bibit koi yang kami jual pastinya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jenis dari ikan koi yang kami miliki juga sangat beragam yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan Anda yang pastinya sudah terjamin kualitasnya. Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan Apabila Anda berminat untuk mendapatkan ikan koi terbaik yang kami jual.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.