Cara Tepat Mengatasi Penyakit Kutu Bulat (Argulosis) pada Ikan Koi

Melakukan pemeliharaan dan pembudidayaan ikan koi dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka bisa mengakibatkan berbagai macam dampak. Dampak tersebut tidak hanya merugikan untuk sang pembudidaya atau pemelihara namun juga memberikan dampak yang buruk pada kondisi ikan koi tersebut seperti datangnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ikan koi.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang ikan koi adalah Kutu Bulat (Argulosis). Jenis dari Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah serangan dari bakteri Argulus Japonicus.

Gejala Kutu Bulat (Argulosis) pada Koi

Apabila ikan koi sudah terlanjur terkena Kutu Bulat (Argulosis) maka akan muncul berbagai macam gejala. Gejala tersebut terjadi atas beberapa tahap yang yang bisa membuat ikan koi memiliki perilaku hingga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Pada gejala awal biasanya ikan koi akan mengalami ikan sering berenang liar, dan sering menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam (flashing) kadang sering melompat ke permukaan, ada luka infeksi bekas tempat gigitan dengan lapisan lendir berlebih, diam disudut atau pancuran kolam. Hingga pada gejala selanjutnya Jika ikan koi masih belum bisa sembuh dibeberapa kasus koi kehilangan nafsu makan, gatal-gatal, sirip dan kulit akan berwarna putih. Tidak hanya berhenti sampai di situ karena apabila pada gejala lanjutan yang terjadi pada ikan koi masih belum bisa tertangani dengan baik dan benar maka akan terjadi gejala akut , peradangan, dan bisa saja ikan koi tersebut tidak terselamatkan.

Cara Mengatasi Kutu Bulat (Argulosis)

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi Kutu Bulat (Argulosis) agar ikan koi tidak sampai pada tahap yang lebih parah atau bahkan bisa mengalami kematian. Melakukan tindakan yang tepat untuk ikan koi seperti beberapa treatment yang sesuai dengan standar yang ada dengan melakukan pengobatan sehingga pencegahan agar ikan koi tersebut bisa kembali sembuh dari Kutu Bulat (Argulosis).

Tips Pengobatan Kutu Bulat (Argulosis)

Banyak variasi pengobatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan ikan koi jika terkena Kutu Bulat (Argulosis). Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Gunakan pinset untuk mencabut kutu (jika hanya tampak 1-2 ekor saja), Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm sampai ke Metrifonate dengan dengan takaran 0,2 – 0,5 ppm.

Jika anda ingin melakukan pengobatan secara alami maka anda bisa memanfaatkan berbagai macam bahan seperti diantaranya:

  1. Dylox dengan takaran 5-10 ppm
  2. Trichlorfon dengan dosis 0,2 – 0,5 ppm
  3. Daun Pace

Cara Pencegahan Kutu Bulat (Argulosis) pada Koi

Banyak yang mengatakan bahwa mencegah penyakit pada ikan koi lebih baik dibanding dengan mengobatinya. Berikut ini terdapat beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan agar ikan koi yang anda miliki terbebas dari Kutu Bulat (Argulosis), seperti diantaranya:

  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina dengan menggunakan obat kutu
  • Lakukan pemberian obat kutu secara reguler 3 bulan sekali
  • Pemberian Abate 1 gr per 1000 liter air stiap bulan dapat mencegah serangan kutu

Bagi Anda yang saat ini sedang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi karena Anda bisa membelinya di tempat kami karena kami sudah menjamin bahwa ikan koi dan juga bibit koi yang kami jual pastinya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi indukan dan bibit ikan koi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan Apabila Anda berminat untuk mendapatkan ikan koi terbaik yang kami jual.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.