Cara Tepat Mengatasi Penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) pada Ikan Koi

Apabila pemelihara dan juga pembudidayaan pada ikan koi dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat maka ikan koi bisa Mengalami berbagai dampak yang buruk. Dampak buruk yang sering terjadi adalah terserangnya ikan koi oleh penyakit yang bisa saja membuat ikan koi memiliki tampilan yang berbeda dan juga lebih buruk adalah kematian.

Jenis penyakit yang cukup berbahaya dan perlu dihindari adalah penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm). Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah munculnya Anchor Worm yang bisa saja menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit tersebut.

Gejala Kutu Jangkar (Anchor Worm) pada Koi

Ada berbagai macam gejala yang hadir jika ikan koi terkena penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm). Terdapat beberapa tahapan gejala yang biasanya menyerang ikan koi sehingga membuat ikan memiliki perilaku dan juga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Pada penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) memiliki gejala awal seperti diantaranya adalah bagian yang terinfeksi terlihat seperti spot-spot merah sekilas sama seperti white spot pada awalnya, produksi lendir yang berlebihan terutama pada bagian yang terinfeksi, melakukan gerakan dan ekstrim dan sering melompat ke permukaan. Apabila ikan koi tidak ditangani dengan baik dan benar maka akan terjadi gejala lanjutan yang bisa menyerang sering menggesekan badan ke dinding dan dasar kolam (flashing), muncul luka akibat bakteri karena infeksi yang parah, ikan menjadi penakut dan selalu sembunyi sepanjang waktu. Gejala tersebut akan semakin bertambah buruk apabila ikan koi tidak kunjung membaik yang ditandai oleh beberapa gejala akut , , .

Cara Mengatasi Kutu Jangkar (Anchor Worm)

Untuk mengatasi penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) yang sedang menjangkit ikan koi maka ada berbagai macam cara untuk mengatasinya dan menyembuhkannya. Anda perlu mengetahui secara lebih detail dan tepat berbagai macam treatment yang bisa dilakukan untuk mengobati ikan koi seperti memberikan pengobatan khusus sehingga cara pencegahan agar ikan koi terhindar dari Kutu Jangkar (Anchor Worm).

Tips Pengobatan Kutu Jangkar (Anchor Worm)

Banyak variasi pengobatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan ikan koi jika terkena Kutu Jangkar (Anchor Worm). Cara pengobatan awal yang dapat dilakukan untuk ikan koi yang sudah terkena penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) adalah dengan Gunakan pinset untuk mencabut kutu (jika hanya tampak 1-2 ekor saja), Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm sampai ke Metrifonate dengan dengan takaran 0,2 – 0,5 ppm.

Jika anda ingin melakukan pengobatan secara alami maka anda bisa memanfaatkan berbagai macam bahan seperti diantaranya:

  1. Dylox dengan takaran 5-10 ppm
  2. Trichlorfon dengan dosis 0,2 – 0,5 ppm
  3. Daun sirsat

Cara Pencegahan Kutu Jangkar (Anchor Worm) pada Koi

Pastinya anda sering mendengar bahwa mencegah adalah tindakan yang lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Untuk itu pencegahan juga dapat dilakukan agar ikan koi dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit Kutu Jangkar (Anchor Worm) yaitu dengan cara:

  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina dengan menggunakan obat kutu
  • Lakukan pemberian obat kutu secara reguler 3 bulan sekali
  • Pemberian Abate 1 gr per 1000 liter air stiap bulan dapat mencegah serangan kutu

Bagi Anda yang saat ini sedang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi karena Anda bisa membelinya di tempat kami karena kami sudah menjamin bahwa ikan koi dan juga bibit koi yang kami jual pastinya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada berbagai macam jenis dari ikan koi yang yang sudah terjamin kualitasnya. Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan Apabila Anda berminat untuk mendapatkan ikan koi terbaik yang kami jual.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.