Penanganan Tepat Mengobati Penyakit Myxosporearis pada Ikan Koi

Apabila pemelihara dan juga pembudidayaan pada ikan koi dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat maka ikan koi bisa Mengalami berbagai dampak yang buruk. Dampak buruk yang sering terjadi adalah terserangnya ikan koi oleh penyakit yang bisa saja membuat ikan koi memiliki tampilan yang berbeda dan juga lebih buruk adalah kematian.

Salah satu jenis penyakit yang sering sekali menyerang ikan koi adalah Myxosporearis. Jenis dari Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah serangan dari bakteri Myxobolus sp.

Gejala Myxosporearis pada Koi

Hadirnya penyakit Myxosporearis pada ikan koi tentunya memiliki berbagai macam gejala. Gejala yang dialami akan terjadi dalam beberapa tahap yang nantinya bisa berpengaruh dari beberapa hal pada ikan koi mulai dari tampilannya hingga pada perilakunya.

Gejala awal yang biasanya terjadi pada ikan koi yang terkena penyakit Myxosporearis adalah insang yang berwarna putih atau kemerahan dan memenuhi rongga insang sehingga operculum tidak dapat menutup dengan sempurna, gerakan ikan tidak aktif cenderung diam dibawah pancuran, sering melakukan gerakan melingkar seperti mengejar ekornya sendiri. Terkadang apabila ikan koi tersebut tidak ditangani dengan sangat baik maka bisa saja mengalami gejala lanjutan sisik geripis dan warna tubuh agak pucat/gelap, kerusakan jaringan dengan gejala klinis antara lain timbul bintil berwarna kemerah-merahan, gangguan pada sirkulasi pernafasan akibat penghambatan konsumsi oksigen. Dan apabila hal tersebut semakin memburuk karena penanganan yang tidak cepat dan tepat maka akan terjadi gejala akut penurunan aktivitas insang serta fungsi organ pernafasan, serta necrosis, .

Cara Mengatasi Myxosporearis

Beberapa cara yang bisa dilakukan apabila ikan koi sudah terkena Myxosporearis agar cepat sembuh dan juga tampilannya kembali seperti biasanya. Mengetahui dengan pasti cara yang tepat dan tindakan yang tepat untuk menangani ikan koi merupakan hal yang cukup penting yang biasanya akan dilakukan beberapa pengobatan dan juga pencegahan untuk menghindari ikan koi dari Myxosporearis.

Tips Pengobatan Myxosporearis

Ikan koi yang terkena penyakit bisa dilakukan pengobatan Myxosporearis dengan cara yang tepat dan juga sesuai. Pengobatan awal seperti perendaman dalam Acrivlavine, Methylene Blue sampai ke Vaksin dapat dilakukan dengan panduan yang tepat agar terhindar dari berbagai dampak buruk.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk seperti:

  1. Daun Jambu Biji
  2. Daun Pace
  3. Daun Nangka

Cara Pencegahan Myxosporearis pada Koi

Tentu anda pernah mendengar jika lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu pencegahan juga dapat dilakukan agar ikan koi dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit Myxosporearis yaitu dengan cara:

  • Jaga parameter air terutama kadar amonia maksimal 0,25 ppm dan oksigen terlarut diatas 6 ppm
  • Jaga kebersihan filter mekanis dengan membersihkannya secara reguler
  • Buang dan musnahkan ikan yang terinfeksi

Untuk itu bagi Anda yang saat ini tertarik dan ingin memiliki ikan koi dengan kualitas terbaik yang terhindar dari berbagai macam penyakit maka anda bisa langsung mendapatkan bibit ikan koi ataupun ikan koi indukan dengan berbagai macam ukuran di tempat kami.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi yang sudah terjamin kualitasnya dan pasti terbebas dari berbagai macam penyakit. Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan untuk melakukan pemesanan atau Anda bisa menanyakan terlebih dahulu secara lebih spesifik mengenai ikan koi yang kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.