Penanganan Tepat Mengobati Penyakit Pop Eye (Exophthalmia) pada Ikan Koi

Untuk memelihara dan juga memberikan ikan koi tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak mengalami dampak buruk. Dampak buruk yang sering terjadi adalah terserangnya ikan koi oleh penyakit yang bisa saja membuat ikan koi memiliki tampilan yang berbeda dan juga lebih buruk adalah kematian.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang ikan koi adalah Pop Eye (Exophthalmia). Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah munculnya tuberculosis yang bisa saja menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit tersebut.

Gejala Pop Eye (Exophthalmia) pada Koi

Apabila ikan koi sudah terlanjur terkena Pop Eye (Exophthalmia) maka akan muncul berbagai macam gejala. Gejala tersebut terjadi atas beberapa tahap yang yang bisa membuat ikan koi memiliki perilaku hingga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Gejala awal yang biasanya terjadi pada ikan koi yang terkena penyakit Pop Eye (Exophthalmia) adalah pembengkakan satu atau kedua mata, bercak darah dibola mata, pecahnya pembuluh darah. Hingga pada gejala selanjutnya Jika ikan koi masih belum bisa sembuh , , . Jika ikan koi tidak kunjung membaik biasanya terdapat gejala akut cacat permanen, dropsi, yang bisa terjadi kapan saja.

Cara Mengatasi Pop Eye (Exophthalmia)

Ada berbagai macam hal dan cara untuk mengatasi ikan koi yang sudah terlanjur terkena penyakit Pop Eye (Exophthalmia) agar cepat pulih. Anda perlu mengetahui secara lebih detail dan tepat berbagai macam treatment yang bisa dilakukan untuk mengobati ikan koi seperti memberikan pengobatan khusus sehingga cara pencegahan agar ikan koi terhindar dari Pop Eye (Exophthalmia).

Tips Pengobatan Pop Eye (Exophthalmia)

Banyak variasi pengobatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan ikan koi jika terkena Pop Eye (Exophthalmia). Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah obat antibiotic ringan, Methylene Blue sampai ke Diflubenzuron dengan takaran 1 ppm.

Pengobatan secara alami juga bisa dilakukan agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk seperti:

  1. Daun Nangka
  2. Daun Binahong
  3. Daun Jarak bali

Cara Pencegahan Pop Eye (Exophthalmia) pada Koi

Salah satu hal yang sering sekali kita dengar untuk menghindari penyakit adalah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Untuk itu pencegahan juga dapat dilakukan agar ikan koi dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit Pop Eye (Exophthalmia) yaitu dengan cara:

  • Jaga kebersihan kolam
  • kurangi pemakaian probiotik berlebihan
  • Beri Methylene Blue dengan takaran 1 gr untuk 5000 liter air setiap bulan sekali

Untuk itu bagi Anda yang saat ini berminat memelihara atau membudidayakan ikan koi namun ingin ikan koi yang terbebas dari penyakit dengan jaminan kualitas, makanya kita mendapatkannya dan membelinya di tempat kami.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi indukan dan bibit ikan koi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Bagi Anda yang berminat Anda juga dapat menghubungi secara langsung pada kontak yang telah kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.