Cara Tepat Mengobati Penyakit Ulcer pada Ikan Koi

Apabila pemelihara dan juga pembudidayaan pada ikan koi dilakukan dengan cara yang salah dan tidak tepat maka ikan koi bisa Mengalami berbagai dampak yang buruk. Dampak tersebut tidak hanya merugikan untuk sang pembudidaya atau pemelihara namun juga memberikan dampak yang buruk pada kondisi ikan koi tersebut seperti datangnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ikan koi.

Salah satu jenis penyakit yang sering sekali menyerang ikan koi adalah Ulcer. Munculnya Penyakit ini pada ikan koi bisa terjadi karena beberapa hal seperti diantaranya serangan dari bakteri yang dinamakan bakteri Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter.

Gejala Ulcer pada Koi

Jika ikan koi terkena penyakit Ulcer maka akan terjadi beberapa gejala yang dialami. Terdapat beberapa tahapan gejala yang biasanya menyerang ikan koi sehingga membuat ikan memiliki perilaku dan juga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Gejala awal yang biasanya terjadi pada ikan koi yang terkena penyakit Ulcer adalah pada tahap awal ulcer tampak hanya beberapa sisik berdarah kemudian berubah menjadi borok/luka, tahap selanjutnya luka semakin membesar sehingga tampak seperti luka dengan sekeliling tepi berdarah dan ditengahnya terlihat nanah, tubuh ikan semakin lama semakin kurus karena bakteri ini sifatnya menyerap nutrisi ikan, dalam beberapa kasus diikuti dengan pop eye. Penanganan yang salah juga bisa mengakibatkan ikan koi terkena gejala lanjutan luka borok yang cukup didalam, daya tahan tubuh jadi alami penurunan, mengeluarkan nanah. Tidak hanya berhenti sampai di situ karena apabila pada gejala lanjutan yang terjadi pada ikan koi masih belum bisa tertangani dengan baik dan benar maka akan terjadi gejala akut , , dan bisa saja ikan koi tersebut tidak terselamatkan.

Cara Mengatasi Ulcer

Beberapa cara yang bisa dilakukan apabila ikan koi sudah terkena Ulcer agar cepat sembuh dan juga tampilannya kembali seperti biasanya. Mengetahui dengan pasti cara yang tepat dan tindakan yang tepat untuk menangani ikan koi merupakan hal yang cukup penting yang biasanya akan dilakukan beberapa pengobatan dan juga pencegahan untuk menghindari ikan koi dari Ulcer.

Tips Pengobatan Ulcer

Ikan koi yang terkena penyakit bisa dilakukan pengobatan Ulcer dengan cara yang tepat dan juga sesuai. Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Perbaiki parameter air kolam dan ikan yang terjangkit ulcer dipindahkan ke bak karantina, Untuk ulcer ringan (masih tahap awal perendaman kedalam larutan garam 5 gram/L bisa menyembuhkan ulcer sampai ke Untuk ulcer yang terlanjur parah dapat diberikan pengobatan oral 2 gr Oxytetracycline dicampur kedalam 1 kg pakan. Jika ikan sudah tidak mau makan maka antibiotik dapat diberikan melalui perendaman Oxytetracicline dengan takaran 20 gr untuk setiap 1000 liter air, atau antibiotic lainnya sesuai takaran yang dianjurkansampai sembuh.

Jika anda ingin melakukan pengobatan secara alami maka anda bisa memanfaatkan berbagai macam bahan seperti diantaranya:

  1. Daun ketapang
  2. Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit
  3. Daun sirsat

Cara Pencegahan Ulcer pada Koi

Banyak yang mengatakan bahwa mencegah penyakit pada ikan koi lebih baik dibanding dengan mengobatinya. Berikut ini terdapat beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan agar ikan koi yang anda miliki terbebas dari Ulcer, seperti diantaranya:

  • Jaga kebersihan kolam
  • Jangan menggunakan probiotik secara berlebihan
  • Jangan memasukan ikan baru tampa proses karantina

Maka dari itu anda tidak perlu khawatir Jika anda ingin memiliki ataupun memelihara ikan koi karena saat ini kami sudah menyediakan ikan koi indukan dan juga bibit ikan koi yang sudah terjamin terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kami menyediakan berbagai jenis ikan koi indukan dan bibit ikan koi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan untuk melakukan pemesanan atau Anda bisa menanyakan terlebih dahulu secara lebih spesifik mengenai ikan koi yang kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.