Penanganan Tepat Mengatasi Penyakit White Spot (Icht) pada Ikan Koi

Melakukan cara yang salah untuk memelihara dan juga membudidayakan ikan koi bisa mengakibatkan dampak buruk bagi ikan peliharaan Anda tersebut. Dampak buruk yang bisa terjadi pada ikan koi seperti terserang nya berbagai macam penyakit.

Jenis penyakit yang cukup berbahaya dan perlu dihindari adalah penyakit White Spot (Icht). Jenis dari Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah serangan dari bakteri Ichthyphthirius multifilis.

Gejala White Spot (Icht) pada Koi

Apabila ikan koi sudah terlanjur terkena White Spot (Icht) maka akan muncul berbagai macam gejala. Terdapat beberapa tahapan gejala yang biasanya menyerang ikan koi sehingga membuat ikan memiliki perilaku dan juga bentuk yang berbeda dari biasanya.

Gejala awal yang biasanya terjadi pada ikan koi yang terkena penyakit White Spot (Icht) adalah pada tahap awal muncul bintik putih dipermukaan sisik dan sirip kemudian meluas keseluruh tubuh, jika disentuh dengan tangan terasa seperti butiran pasir, malas bergerak dan diam didasar kolam. Hingga pada gejala selanjutnya Jika ikan koi masih belum bisa sembuh sering dijumpai diam dibawah pancuran atau di tempat air masuk (water inlet), kehilangan nafsu makan, jika sudah parah seluruh badan tertutup lendir terlihat seperti diselimuti awan. Dan apabila hal tersebut semakin memburuk karena penanganan yang tidak cepat dan tepat maka akan terjadi gejala akut , , .

Cara Mengatasi White Spot (Icht)

Untuk mengatasi penyakit White Spot (Icht) yang sedang menjangkit ikan koi maka ada berbagai macam cara untuk mengatasinya dan menyembuhkannya. Penanganan yang tepat juga bisa dilakukan dengan memberikan berbagai macam treatment yang sesuai dengan standar dan cara yang benar seperti melakukan pengobatan hingga melakukan cara preventif untuk menghindari ikan koi dari berbagai macam penyakit seperti salah satunya penyakit White Spot (Icht).

Tips Pengobatan White Spot (Icht)

Pengobatan untuk ikan koi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pengobatan awal seperti Jika sudah parah bisa dilakukan perendaman menggunakan Methylene Blue dengan dosis 1 – 2 gram dalam 1000 liter air selama satu jam setiap hari untuk beberapa hari atau perendaman dengan Malachite Green dengan dosis 0,1 – 0,2 gram per 1000 liter air selama 1 jam perhari untuk beberapa hari sampai sembuh., Methylene Blue sampai ke Formalin dapat dilakukan dengan panduan yang tepat agar terhindar dari berbagai dampak buruk.

Jika anda ingin terhindar dari dampak buruk dan efek samping yang buruk pada masa pengobatan maka anda bisa memanfaatkan pengobatan alami seperti:

  1. Jika masih ringan bisa dilakukan perendaman kedalam air yang berisi 10% garam ( 10 kg dalam 1000 liter air), perendaman dilakukan selama 1 jam setiap hari dan dilakukan selama 3 hari
  2. Daun sirsat
  3. Daun Nangka

Cara Pencegahan White Spot (Icht) pada Koi

Salah satu hal yang sering sekali kita dengar untuk menghindari penyakit adalah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati. Maka dari itu anda bisa melakukan beberapa pencegahan untuk menghindari ikan koi dari White Spot (Icht) yaitu diantaranya:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jaga PH air diatas 6,5
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari

Maka dari itu anda tidak perlu khawatir Jika anda ingin memiliki ataupun memelihara ikan koi karena saat ini kami sudah menyediakan ikan koi indukan dan juga bibit ikan koi yang sudah terjamin terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jenis dari ikan koi yang kami miliki juga sangat beragam yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan Anda yang pastinya sudah terjamin kualitasnya. Jika Anda berminat maka anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah kami sediakan untuk bisa mendapatkan ikan koi pilihan kualitas super yang kami sediakan.

Layanan DutaKoi.com

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.