Bersihkan Kolam Ikan dengan Mudah dan Cepat, Ikuti Langkah Ini

Bersihkan Kolam Ikan dengan Mudah dan Cepat, Ikuti Langkah Ini

Duta Koi – Memelihara ikan di kolam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apapun jenis ikannya, dan apapun tujuan pemeliharaannya. Akan tetapi, besar dan dalamnya ukuran kolam itu sendiri bisa menjadi halangan untuk mengetahui cara menjernihkan air kolam ikan.

Beberapa orang malas untuk membersihkannya karena dianggap akan membuang-buang waktu dengan pekerjaan sia-sia ini. Padahal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pembersihan kolam tersebut tidak sia-sia jika kamu tahu langkah dan alat-alat yang tepat.

Air kolam yang kotor dan penuh dengan lumut dapat menjadi penyebab kematian ikan yang lebih cepat. Bahkan, keruhnya air kolam bisa membuat pemandangan ikan jadi kurang enak untuk dilihat.

Meski terlihat sepele, cara menjernihkan air kolam ikan masih banyak diabaikan loh sama orang-orang. Mereka menganggap ikan bisa hidup di dalam air kolam yang keruh. Padahal, tidak semua jenis ikan bisa hidup di dalamnya.

Segera bersihkan kolam ikan kamu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Gunakan Air Mengalir Dilengkapi Dengan Filter

Mendapatkan sumber air mengalir memang menjadi kesulitan bagi sebagian orang yang memelihara ikan di dalam kolam. Padahal, penggunaan air mengalir dapat membuat air kolam tidak mudah keruh, terutama bila dilengkapi dengan filter yang mampu menahan kotoran berukuran lebih dari setengah sentimeter.

Aliran air tersebut secara otomatis akan memperbaharui air yang sudah tercampur dengan kotoran ikan dan tumbuhan. Sehingga, kotoran tersebut terbuang lebih cepat dan kolam pun lebih tahan lama kebersihannya.

2. Bersihkan Permukaan Air Menggunakan Jaring

Bagian paling mudah dilihat seberapa kotornya kolam ikan terletak pada permukaannya. Cukup gunakan jaring berukuran paling kecil untuk membersihkan permukaan tersebut secara perlahan. Jangan sampai ada ikan yang ikut terjaring, ya.

Pilihlah mana tanaman dan dekorasi yang menurut kamu sudah terlalu kotor untuk tetap diletakkan di permukaan kolam. Meski tanaman sangat baik untuk ekosistem ikan yang hidup di dalam kolam, daun yang sudah mati tidak direkomendasikan untuk dibiarkan tetap di sana.

Baca juga : MERAWAT IKAN DI DALAM AKUARIUM DENGAN BENAR

3. Hilangkan Akar-Akar Algae

Akar algae ini yang menjadi salah satu permasalahan dari kolam keruh sampai berwarna hijau. Akar-akar ini akan merusak ekosistem dari kolam milikmu karena kemungkinan besar akar tersebut dapat menyumbat filtrasi kolam. Bersihkan akar algae yang ada pada kolam menggunakan sisir, tangan, atau sikat toilet.

Caranya, kamu hanya perlu mengambil akar algae tersebut menggunakan tangan atau sikat toilet dalam waktu bersamaan. Akar algae pun akan langsung tersangkut ke dalam alat tersebut. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak perlu membuang semua air dalam kolam untuk membersihkan kolam algae.   

4. Tambahkan Hidrogen Peroksida

Ketika air kolam berwarna hijau, hidrogen peroksida dapat menghilangkan akar algae dengan sangat cepat dibandingkan dengan menggunakan tangan sendiri. Hal ini terjadi karena terdapat reaksi kimia yang dapat membersihkan kolam bukan hanya dari algae, namun dari kuman-kuman yang ada dalam kolam.

Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan sekitar ½ liter hidrogen peroksida setiap 1000 liter air kolam. Jangan lupa juga untuk mengaduk kecil hidrogen peroksida yang sudah kamu campurkan ke dalam air sebelum dimasukkan ke kolam.

Hasil pun akan berbeda-beda tergantung dari jenis hidrogen peroksida yang dipakai ataupun kondisi kolammu. Berhati-hatilah jika kamu ingin menambahkan hidrogen peroksida ke dalam air kolam. Pastikan komposisi pada hidrogen tersebut aman untuk ikan.

5. Tambahkan Jerami Untuk Pembersih Natural

Jika kamu tidak yakin untuk membersihkan kolam menggunakan bahan kimia, kamu dapat memakai jerami sebagai bahan pembersih natural. Menggunakan jerami pun sangat mudah karena kamu dapat mendapatnya lewat toko tanaman.

Pertama, taruh jerami di dalam jaring ikan dan letakkan jaring tersebut di dalam air. Jangan lupa untuk menaruh jaring ikan tersebut di tempat dimana air mengalir seperti di pancuran air kolam.

Lalu, tinggalkan jerami tersebut selama beberapa minggu. Setelah beberapa minggu, jerami di dalam jaring ikan tersebut akan rusak dan nutrisi pun akan keluar dari jerami tersebut. Bersihkan sisa-sisa jerami tersebut agar kolam dapat bersih kembali.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.