Merawat Ikan Di Dalam Akuarium Dengan Benar

Merawat Ikan Di Dalam Akuarium Dengan Benar

Duta Koi – Memelihara ikan di akuarium tidak sekedar yang penting mengisi air, dan pakannya saja. Beberapa jenis ikan harus dirawat dengan pengaturan suhu dan tingkat keasaman air yang stabil agar mereka bisa tetap hidup dengan sehat.

Siapkan Akuarium Dengan Ventilasi Udara Yang Mencukupi

Kesalahan awal pemula yang ingin memelihara ikan di dalam akuarium adalah menutup rapat-rapat akuariumnya karena khawatir ikan peliharaan mereka loncat keluar.

Hal ini memang harus dilakukan. Tapi, bukan berarti harus menutup rapat akuariumnya. Alangkah baiknya untuk tetap memberikan ventilasi udara yang cukup pada tutup akuariumnya untuk memastikan tetap ada udara dan oksigen keluar masuk ke dalam akuarium.

Pilih Jenis Ikan Yang Tepat

Tips kedua, pilihlah jenis ikan yang tepat untuk akuarium yang kamu sediakan. Jenis ikan yang kamu pilih akan mempengaruhi seberapa besar akuarium yang harus kamu persiapkan. Ikan arwana contohnya, ketika mereka bertambah usianya, sediakanlah akuarium yang lebih besar lagi.

Kemudian, usahakan untuk tidak sesekali berpikiran untuk merawat ikan laut di akuarium. Karena, perawatannya yang jauh lebih sulit dibandingkan dengan ikan tawar. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kadar garam yang ada di dalam akuarium.

Isi Batu Zeolite Secukupnya

Zeolite adalah salah satu batu alam yang memiliki fungsi sangat baik jika digunakan di dalam akuarium. Karena, batu zeolite memiliki kemampuan untuk menjernihkan air, dan mengikat bakteri E. Coli agar lebih sehat untuk ekosistem ikan di akuarium.

Tanpa batu ini, mungkin saja akuarium kamu akan lebih mudah kotor, kadar PH tidak teratur, dan membuat ikan mudah stress yang ujungnya membuat mereka mati.

Isi Dengan Air Bersih Tanpa Klorin Dan Kaporit

Air adalah elemen utama di dalam akuarium. Tanpa air, sudah tentu ikan jenis apapun tidak akan bisa hidup. Tapi, perlu diingat bahwa air yang dipakai bukan sembarang air.

Jaga Suhu Dan PH Tetap Stabil

PH (Power of Hydrogen) adalah indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat asam dan basa di dalam air. Agar umur ikan lebih panjang, tingkat PH harus tetap stabil pada angka yang tepat, yaitu sekitar 6,8 sampai 7,5 tergantung jenis ikan yang dipelihara.

Hindari Sinar Matahari Dan Jangkauan Anak-Anak

Pada kolam alami, ikan memang hidup secara langsung di bawah sinar matahari. Namun, kondisi itu berbeda ketika kamu memelihara mereka di dalam satu buah akuarium.

Baca juga : IKAN KOI YANG PALING DIGEMARI UNTUK DIPELIHARA

Rutinlah Membersihkan Akuarium

Rutinlah melakukan monitoring pada seluruh bagian akuarium untuk memastikannya tetap bersih dan sehat.

Perlu diingat, ketika kamu ingin mengganti air akuarium, sangat disarankan untuk menggantinya hanya sekitar 20-25%. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu dan PH tetap stabil pada angka yang sudah disebutkan di atas.

Hindari Memberi Makan Ikan Secara Berlebihan

Sebaiknya kasih makan sedikit demi sedikit terlebih dahulu supaya kamu bisa melihat berapa porsi yang dibutuhkan untuk sekali makan.

Makanan berlebih bukan hanya buruk bagi ikan karena menyebabkan penyakit, namun tindakan seperti ini akan membuat akuarium menjadi kotor dan dapat mencemarkan bahan kimia dari makanan ikan berjenis pelet.

Mengelola Cahaya Di Dalam Dan Sekitar Akuarium

Salah satu hal yang paling membuat frustasi pemilik akuarium adalah mengelola alga di dalam akuarium. Ini berlaku apabila kamu memelihara alga di dalam akuariummu. Alga mirip dengan tumbuhan, dimana kita tahu tumbuhan membutuhkan cahaya agar dapat tumbuh dan berkembang.

Cobalah untuk menempatkan akuarium jauh dari sinar matahari yang cukup kuat. Alga sangat menyukai sinar matahari sehingga kita akan membuat alga tidak dapat berkembang dengan cepat.

Buatlah Lingkungan Akuarium Yang Menyenangkan Bagi Ikan

Bagian menyenangkan dari memelihara ikan di akuarium adalah mendekorasi akuarium menjadi lebih cantik dan indah. Bagian ini sering disebut dengan aquascape, yaitu membuat akuarium layaknya kolam alam sungguhan untuk ikan.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat aquascape adalah menaruh batu alam, pohon bonsai dengan daun buatan, kayu, fauna (keong dan udang).

Selain menjadikan akuarium semakin indah dilihat secara visual bagi manusia, aquascape juga merupakan habitat yang menyenangkan bagi ikan karena mereka bisa bersembunyi dan berenang layaknya berada di alam.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.