Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat

Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat

Jual ikan koi Blitar – Saat ini ikan hias sudah menjadi sumber penghasilan yang sangat menarik. Apakah anda sudah tau kenapa ikan hias sebagai sumber penghasilan ? Hal ini dikarenakan Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat tidak membutuhkan lahan yang cukup luas, begitu juga soal modal, untuk modal relatif kecil dan tentunya Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat dapat dilakukan oleh siapapun asal dilakukan dengan baik dan sesuai dengan aturan. Ada banyak jenis ikan hias yang dapat dipelihara dan dijadikan sebagai lading rupiah bagi Anda

Untuk mendapatkan hasil Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat, Anda harus selalu menjaga kualitas air, makanan dan juga kuantitasnya di dalam sebuah wadah. Oleh karena itu dalam kegiatan Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat perlu Anda perhatikan hal – hal berikut ini :

Wadah pemeliharaan ikan hias

Sebuah wadah tempat pemeliharaan ikan yang baik tentunya harus bebas dari bocor. Jenis – jenis bahan yang sering dijadikan untuk membuat wadah adalah kaca aquarium, kolam dari semen, kolam dari terpal/tenda plastic dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan barang – barang bekas yang tidak bocor dan berdiameter standart untuk dijadikan wadah pemeliharaan ikan. Jenis air untuk budidiaya ikan ini tergantung Anda, bisa yang bersifat tergenang atau juga yang mengalir. Wadah pembudidayaan ikan hias ini terdiri dari wadah perawatan induk, pemijahan, penetasan telur, pendederan, pembesaran dan penampungan hasil.

Lingkungan hidup ikan hias air tawar

Setiap Ikan hias memiliki kemampuan hidup yang beragam. Lingkungan hidup ikan dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain air, suhu, derajat keasaman (PH), kesadahan air, kandungan oksigen terlarut dan kecerahan. Dalam membudidayakan ikan hias haruslah sesuai dengan kondisi lingkungan air disekitar kita. Lingkungan air yang ideal bagi ikan hias rata-rata adalah untuk suhu air 24 – 300C, PH 6-7, oksigen terlarut > 3 ppm dan kecerahan air 30 – 60 cm.

Baca juga : Penanganan Tepat Mengatasi Penyakit Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) pada Ikan Koi

Sumber air untuk budidaya ikan hias sendiri ada yang berasal dari air tanah, air sungai dan air PAM. Jenis-jenis air tersebut harus diendapkan dahulu minimal 12-24 jam sebelum dipakai agar kandungan oksigen terlarutnya cukup dan gas-gas yang lain hilang.

Pakan Ikan Hias

Pakan alami dan buatan bisa anda pilihkan untuk pakan ikan hias Anda. Pakan alami yang bisa diberikan adalah kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, artemia, serangga, kodok, ikan hidup/mati. Sedangkan untuk pakan buatan umumnya adalah pellet yang kadar proteinnya dapat diatur sesuai kebutuhan pertumbuhan ikan.

Pemilihan Calon Indukan ikan hias

Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Tepat memerlukan indukan jantan dan betina yang berkualitas. Harus cukup umur untuk dipijahkan dan sudah matang gonad (kelamin). Untuk mengetahui tingkat kematangan gonad pada ikan hias dapat dilihat dari cirinya. Calon indukan kondisi badannya sudah pastilah harus sehat, tidak sedang/sering terjangkit penyakit dan berasal dari keturunan (gen) yang baik dan bagus. Cara terbaik untuk dapatkan calon indukan yang baik anda bisa membelinya di Duta Koi pusat Jual Ikan Koi Blitar.

Pemijahan ikanhias

Pemijahan ikan untuk proses pembuahan telurnya ada yang berlangsung secara internal dan eksternal. Ikan hias ada yang bertelur dan ada yang beranak. Perlakuan proses pemijahan berbeda tergantung jenis ikannya. Oleh karena itu harus disiapkan media, bahan, alat yang diperlukan dalam proses pemijahan. Tidak semua ikan hias dapat melakukan pemijahan secara alami. Untuk membudidayakan ikan hias yang tidak bisa memijah secara alami dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan hormon perangsang (induced spawning) agar bisa memijah baik secara alami atau melalui pengurutan (stripping). Perlu diketahui untuk membudidayakan ikan hias sebaiknya hindari pemijahan satu keturunan (inbreeding).

Silahkan klik disini untuk dapatkan Ikan Koi Blitar Murah dan Super.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.