Cara Menanam Bunga Teratai Di Kolam Ikan

Cara Menanam Bunga Teratai Di Kolam Ikan

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Tanaman cantik-cantik ini ternyata menjadi suatu keharusan untuk ada sebagai penghuni kolam mendampingi para ikan. Tidak sedikit penyuka ikan koi menggunakan jasa tanaman air ini untuk memperindah kolam mereka.

Aneka macam tanaman air di atas banyak kegunaannya. Selain di jadikan untuk menghiasi kolam ikan Anda, tanaman air tersebut dapat Anda gunakan sebagai penambah persediaan oksigen, menyerap kandungan racun dalam air, dan menjadi tempat ikan untuk berkembang biak. Selain itu tanaman air seperti teratai dapat membuat kolam ikan Anda menjadi bersih.

Dalam kesempatan kali ini Ilmu Budidaya ingin berbagi ilmu tentang cara menanam teratai di kolam koi. Mungkin bagi Anda yang baru ingin membuat kolam untuk memelihara ikan koi, artikel ini dapat Anda jadikan referensi yang bermanfaat. Adapun cara menanam teratai di kolam koi adalah sebagai berikut.

1. Beli Tunas

Waktu yang ideal untuk membeli tunas teratai adalah pada saat musim panas.

Tunas teratai sebaiknya dibeli dari petani atau tempat pembibitan di daerah sekitarmu agar prosesnya lebih mudah

2. Apungkan Tunas

Siapkan mangkuk untuk mengapungkan tunas sebelum nantinya dipindahkan ke media tanam.

Air untuk mengapungkan tunas ini sebaiknya memiliki suhu 25℃ – 30℃ dan letakkan mangkuk tersebut di dekat jendela hangat tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Kalau kamu berencana memindahkan tunas tersebut ke kolam, kamu bisa menggunakan air kolam untuk mengapungkannya asalkan suhunya airnya cukup hangat.

Ganti air setiap 3-7 hari atau ketika airnya sudah mulai tampak keruh.

3. Siapkan Media Tanam

Teratai yang ditanam tanpa wadah akan tumbuh seluas area tanamnya, maka dari itu sebaiknya kamu menggunakan wadah terlebih dahulu.

Wadah untuk media tanam bunga teratai sebaiknya memiliki diameter sekitar 1 – 1,5 m, berbentuk lingkaran, dan tidak berlubang. Jika ditanam menggunakan wadah, pertumbuhan teratai dapat dikendalikan dan tidak akan menutupi seluruh kolam.

Baca juga : 6 JENIS IKAN KOI TERMAHAL DI DUNIA

Setelah itu isi dengan tanah sesuai ketentuan berikut:

Masukkan tanah liat terlebih dahulu sekitar 60%, lalu masukkan pasir sungai sekitar 40%

Beri jarak 5 – 7,5 cm antara permukaan tanah dan bibir wadah

4. Tanam Tunas ke Media Tanam

Tunas yang telah siap kemudian dipindahkan ke media tanam dengan posisi sedikit masuk ke dalam permukaan pasir. Jangan tanam tunas sepenuhnya ke dalam tanah, sebab tunas tersebut nantinya justru akan membusuk.

Setelah itu timpa secara hati-hati menggunakan batu agar tunas tidak mengapung sebelum tumbuh akar.

5. Turunkan Wadah ke Kolam

Sebelum menurunkannya ke dalam kolam, pastikan kamu menempatkan wadah jauh dari air mengalir dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Apabila tunas sudah tidak goyah dan dirasa telah kuat untuk diturunkan ke kolam, kamu bisa mulai menurunkannya ke lokasi kolam yang sesuai.

Cara Merawat Bunga Teratai

Setelah selesai proses penanaman, ada beberapa langkah perawatan yang juga perlu dilakukan agar pertumbuhan bunga teratai terjaga dengan baik.

Berikut cara merawat bunga teratai:

Pastikan kadar air dalam kolam tidak berkurang. Kalau kadar air berkurang, pasti akan berdampak buruk pada teratai yang ditanam

Beri pupuk NPK khusus untuk tanaman setiap tiga bulan sekali. Cara pemupukannya bisa dengan menggunakan tisu yang telah diberi satu sendok makan pupuk dan benamkan ke dalam wadah teratai

Jika ditanam di kolam ikan, hindari memelihara ikan pemakan daun seperti ikan mas, gurami, atau ikan koki. Cukup ikan koi saja

Bersihkan siput yang menempel pada teratai, sebab siput merupakan hama yang mengganggu bagi teratai

Jagalah kebersihan kolam meski teratai telah tumbuh subur

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.