Gunakan Cara Ini Untuk Merawat Ikan Koi Budidaya Dengan Mudah

Gunakan Cara Ini Untuk Merawat Ikan Koi Budidaya Dengan Mudah

Duta Koi – Bagi pemula yang memilih ikan koi untuk budidaya dan ternak dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan baik agar ikan koi tumbuh besar dan menguntungkan.

1. Siapkan Kolam Ikan Koi Dengan Benar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan kolam ikan koi dengan benar. Kolam ikan koi yang benar adalah kolam ikan koi yang beralaskan beton, atau tanah padat. Bila tidak bisa disiapkan dengan 2 hal di atas, kain terpal bisa menjadi alternatif terbaik bagi pemula.

Kemudian, kolam ikan tersebut minimal memiliki ukuran panjang 6m dan lebar 3m disertai kedalaman minimal 60cm. Hal ini bertujuan agar ikan koi budidaya milik kamu memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan berenang.

2. Endapkan Air Kolam Terlebih Dahulu

Setelah kolam ikan koi yang tadi kamu persiapkan sudah siap beres, kini saatnya untuk memasukkan air ke dalamnya. Biarkan air pertama ini mengendap di dalam kolam terlebih dahulu minimal 24 jam.

Pengendapan ini bertujuan untuk membersihkan dan menghindari adanya bahan kimia tercampur pada air, semen, dan beton.

Baca juga : LANGKAH MUDAH BEDAKAN IKAN KOI JANTAN DAN BETINA

3. Pilihlah Indukan Ikan Koi Berkualitas

Sambil menunggu air kolam tersebut mengendap selama 24 jam, waktu yang kamu miliki bisa digunakan untuk memilih bibit ikan koi berkualitas dari peternak awalnya.

Indukan ikan koi yang berkualitas bisa dilihat dari umur, bentuk tubuh ideal, berenang dengan tenang, warna kontras, dan tidak ada goresan luka pada sekujur tubuh ikan koi. Bila perlu, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis ikan koi yang sebelumnya sudah pernah dibahas oleh PetPintar.

4. Gunakan Air Mengalir

Sebagian pembudidaya ikan koi mungkin tidak menggunakan air mengalir sebagai tempat ikan koi hidup. Ini juga bisa kamu lakukan. Akan tetapi, kamu harus rajin mengganti air kolamnya minimal 2 minggu sekali.

Penggantian air 2 minggu sekali ini dilakukan untuk membersihkan zat beracun dari pelet (makanan ikan koi) yang sebelumnya kamu sebar di kolam.

Jika kamu tidak memiliki banyak tenaga dan waktu untuk membersihkan 2 minggu sekali tapi memiliki lahan dengan sumber mata air yang selalu mengalir, sebaiknya gunakanlah air mengalir saja. Karena, air mengalir yang bersumber dari alam akan jauh lebih sehat bagi budidaya ikan koi.

5. Batasi Jumlah Ikan Koi Dalam Satu Kolam

Ikan koi hidup layaknya jenis-jenis hewan lainnya. Mereka tidak akan bisa tumbuh berkembang dengan sempurna jika dalam satu rumah yang mereka huni terlalu banyak ikan lainnya, meskipun umur mereka masih kecil.

Oleh sebab itulah, kamu harus membatasi maksimal hanya ada 300 ekor ikan koi di dalam kolam dengan kedalaman 40cm dan ukuran 3cm x 4cm.

6. Usahakan Selalu Terkena Sinar Matahari Langsung

Ikan koi hidup membutuhkan sinar matahari secara langsung agar gaya berenangnya teratur, tidak mudah stress dan mampu tumbuh besar menjadi ikan koi yang memiliki nilai jual tinggi.

Lagipula, sinar matahari adalah sumber energi yang tidak perlu kamu beli lagi, kok. Jadi, usahakanlah membuat kolamnya tersinari matahari, ya.

7 Cara Merawat Ikan Koi Hias Di Akuarium

Sedikit berbeda dengan cara pemeliharaan ikan koi budidaya, ikan koi hias dirawat dengan cara yang lebih mudah dan simpel. Salah satu alasan yang membuat ikan koi hias lebih mudah karena tidak perlunya kolam yang besar yang digunakan untuk menampung ikan.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.