Langkah Mudah Bedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina

Langkah Mudah Bedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina

Duta Koi – Semakin kesini, semakin banyak kita lihat masyarkat yang hobby dalam memelihara ikan jenis yang satu ini. Ikan Koi, datang ke Indonesia diperkirakan tahun 1981 s/d 1982. Koi pertama ini panjangnya mencapai 100cm, dan bisa berumur 50 s/d 75 tahun. Ikan ini dibawa oleh seorang pecinta ikan bernama Hani Moniaga. Ia kemudian mengembangkan peternakan koi di Cipanas, Jawa Barat. Sejak saat itu, ikan koi jadi populer di kalangan masyarakat pecinta ikan. Jai meskipun ikan koi berasal  dari negara jepang dan merupakan ikan yang sangat mahal.

Hal ini karena mitos yang banyak di percayakan kebanyakan orang mengenai ikan hias satu ini.  Itulah kenapa ikan koi memiliki harga yang terkadang sangat fantastis. Tetapi sekarang ini ikan koi sudah banyak diperjual belikan secara bebas. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak yang budidaya ikan hias cantik ini. Meski dahulu harga ikan koi sangat mahal dan karena sekarang sudah banyak yang budidaya ikan ini Harga ikan koi sekarang mejadi lumayan terjangkau dan berbagai variasi harga tergantung warna dan ukurannya.

Di Indonesia, komoditas ikan hias masih besar peluangnya untuk jauh dikembangkan lebih besar. Mengingat Indonesia sendiri memang terkenal dengan negara bahari. Hal itu juga dipengaruhi oleh permintaan yang berlimpah dari pasar-pasar ikan hias di berbagai daerah. Makin kesini permintaan ikan hias selalu meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Diantara jenis ikan hias yang ada di Indonesia, banyak sekali yang menyukai ikan koi yang berasal dari jepang ini. Buat kamu pecinta ikan hias terutama ikan koi, kamu harus memahami ciri fisik dan jenis ikan koi berkualitas dari Jepang ini.

Baca juga : KENALI IKAN KOI ASLI BERKUALITAS DENGAN CIRI BERIKUT

Apalagi jika nantinya kamu ingin menternak ikan jenis ini. Kamu wajib mengetahui ciri ciri ikan koi asli berkualitas. Dikarenakan harga ikan koi cukup mahal, untuk itu PetPi akan bantu kamu untuk mengenali karakteristik dari ikan koi ini agar kamu tidak tertipu saat membelinya. Berikut ini adalah ciri ciri ikan koi yang berkualitas asli dari Jepang.

Saat kamu ingin memulai beternak atau mengembangbiakkan ikan koi ini, kamu pastinya akan mencoba untuk mencari yang mana ikan koi jantan dan betina untuk dikawinkan. Agar tepat dalam proses pengembangbiakan ikan hias jenis yang satu ini. Tentunya pemilihan ini adalah dasar untuk kamu memulai beternak ikan koi di kolam.

Bentuk Tubuh

Saat ikan koi mulai mencapai umur yang matang, biasanya tubuh mereka mencapai sekitar 25 cm di usia sekitar 3 tahun. Walaupun kedua faktor ini bervariasi, namun kebanyakan koi yang sudah matang bisa membedakan mana jantan atau betina.

Setelah mereka dewasa, ikan koi betina cenderung lebih gemuk ketimbang ikan koi jantan. Hal ini dikarenakan ikan koi betina membawa telur pada perutnya sehingga nampak lebih bulat. Sayangnya perubahan ini hanya terlihat pada saat mereka dewasa.

Bentuk Sirip

Perbedaan yang bisa dilihat dari ikan ini adalah dari siripnya. Walaupun perbedaannya tipis sekali, ini bisa menjadi faktor penentu untuk menentukan mana yang jantan atau betina.

Pada bagian siripnya di umur remaja menuju dewasa, kamu bisa melihat sirip ikan koi jantan di samping dekat kepala cenderung lebih runcing dan solid.

Cairan Perut Ikan Koi

Ini adalah cara yang menurut PetPi cukup ekstrim, namun bisa kamu pakai untuk membedakan antara ikan koi jantan dan ikan koi betina. Perbedaan ini terlihat dari cairan dalam perutnya yang keluar saat kita pencet.

Saat kamu memencet perut lalu ikan koi mengeluarkan cairan putih kental dari lubang anusnya, berarti bisa dipastikan ikan koi ini adalah berjenis kelamin jantan.

Sedangkan jika berjenis kelamin betina, ia akan mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kotoran yang mempunyai tekstur kasar.

Itulah dia informasi mengenai ciri ciri ikan koi berkualitas dan sedikit informasi mengenai ikan koi yang sedang sakit. Jika kamu sudah memahaminya secara detail, kamu tentunya sudah bisa mempelajari sedikit demi sedikit karakteristik ikan ini.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.