Ini Cara Memilih Warna Cat Dinding Kolam Ikan Koi

Ini Cara Memilih Warna Cat Dinding Kolam Ikan Koi

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Bagi Anda yang bingung menentukan warna untuk cat dinding kolam ikan koi, berikut ini adalah beberapa pilihan warna cat dinding yang bisa Anda pertimbangkan:

Menggunakan Warna Alami

Kolam bernuansa alami tidak akan pernah salah untuk disandingkan dengan ikan koi yang Anda miliki. Biasanya, pemilihan warna – warna alam ini akan dibarengi dengan penggunaan dasar batu – batuan. Anda bisa menyesuaikan antara warna batuan yang Anda pilih dan mencari warna cat dinding yang mirip dengan warna batuan tersebut.

Warna Hitam

Sebagai warna yang netral, pemilihan warna hitam tidak pernah salah. Warna hitam juga dapat menonjolkan keindahan ikan koi yang Anda miliki karena kontras dengan warna tubuh ikan koi yang pada umumnya berwarna cerah. Pemilihan warna hitam sebagai warna cat dinding kolam akan membuat ikan koi Anda terlihat lebih jelas dan tidak samar dengan warna lainnya.

Warna Biru

Pemilihan cat dinding kolam dengan warna biru juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Warna biru akan memberikan kesan warna biru pada air dengan lebih jelas. Selain itu, warna ini juga akan membuat kolam menjadi terlihat lebih segar.

Warna Hijau

Selain warna biru, warna hijau juga bisa menjadi pilihan warna yang memberikan kesan air yang natural. Pada banyak pengalaman, warna air kolam lama kelamaan akan berubah menjadi hijau karena adanya ganggang dan lumut.

Baca juga : TIPS MEMELIHARA IKAN KOI DI HALAMAN SEMPIT

Penggunaan warna hijau untuk cat dinding kolam akan membuat kolam terlihat lebih alami. Karena bagaimana pun, warna apa saja yang digunakan untuk cat dinding kolam, pada akhirnya warna kolam tetap akan berubah menjadi hijau.

Keberadaan lumut di dalam kolam ikan koi sebenarnya adalah hal yang baik. Dengan begitu, ekosistem kolam ikan koi akan semakin sesuai dengan kondisi alam di habitat asli ikan koi. Jadi, jika Anda lebih suka untuk membiarkan kondisi kolam seperti aslinya tanpa menggunakan cat dinding, maka tidak ada salahnya juga dengan hal itu.

Tips Mengecat Dinding Kolam Ikan Koi

Setelah memilih warna cat yang akan digunakan, selanjutnya Anda tinggal mengecat kolam ikan koi sesuai dengan warna yang sudah Anda pilih. Namun, sebelum itu tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips mengecat dinding kolam ikan koi berikut ini:

Gunakan Cat yang Aman

Bahan dasar cat juga perlu Anda pertimbangkan. Jangan memilih cat yang berbahan dasar thinner. Pilihlah cat kolam yang menggunakan bahan dasar air. Cat jenis ini akan lebih aman untuk digunakan.

Pastikan Dinding Kolam Bersih dan Kering

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan dinding kolam benar – benar sudah kering dan bersih. Hal ini perlu agar cat bisa menempel dengan sempurna ke permukaan dinding kolam. Selain itu, sebaiknya pengecatan dilakukan hingga tiga lapis. Dan lakukan pengecatan setelah lapisan sebelumnya benar – benar sudah kering.

Pastikan Tidak Ada Kebocoran

Setelah proses pengecatan selesai, jangan langsung isi kolam dengan air. Berikan waktu sekitar 2 – 3 hari untuk memastikan cat benar – benar kering. Kemudian pastikan tidak ada kebocoran di dalam kolam. Caranya adalah dengan mengisi kolam dengan air.

Pastikan Filter Berjalan Lancar

Jika Anda sudah memastikan tidak ada kebocoran dan bau cat sudah hilang, isi kembali kolam ikan koi dengan air. Lalu pastikan filter yang Anda buat berjalan dengan lancar.

Biarkan Kolam Tanpa Ikan Selama Beberapa Waktu

Berikan waktu sekitar 2 pekan hingga satu bulan kolam Anda kosong tanpa ikan. Setelah jangka waktu tersebut, maka Anda baru boleh memasukkan ikan koi ke dalam kolam.

Memasukkan ikan koi langsung ke kolam yang baru saja di cat dapat memberikan resiko kepada ikan koi Anda. Bahkan bisa jadi malah menyebabkan ikan koi Anda mati. Karena itu, lebih baik Anda menunggu selama beberapa saat sebelum memasukkan ikan koi ke dalam kolam.

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.