Kolam Ikan Koi Harus Sering Diperhatikan

Kolam Ikan Koi Harus Sering Diperhatikan

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Perawatan kolam ikan koi harus sangat diperhatikan agar peliharaan berharga mahal ini tetap sehat. Yuk, ikuti tips di bawah ini! Walau harga dan perawatan kolam ikan koi terbilang mahal serta rumit, masih banyak yang ingin memeliharanya.

Supaya mereka bisa bertahan hidup lama, ada banyak tips yang harus Anda lakukan. Nah diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa tips mudah ini kepada Anda, agar ikan Koi anda dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.

Sebab apabila kolam ikan koi dibiarkan tidak terawat, hewan peliharaan tersebut bisa cepat mati. Melansir berbagi sumber, cek apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi mereka terus sehat.

Tahapan Perawatan Kolam Ikan Koi yang Benar

1. Menggunakan Garam Ikan Koi untuk Menjaga Tingkat Salinitas Air

Ikan koi memang tidak tinggal di habitat air asin. Namun demikian, kolam tempatnya tinggal harus memiliki salinitas tertentu.

Salinitas adalah tingkat atau kadar keasinan/garam yang terlarut dalam air. Jagalah kadar salinitas dengan menaburkan garam NaCl (Natrium Klorida) atau garam ikan koi khusus. Fungsi garam ikan koi dalam air kolam adalah untuk membantu mereka mempertahankan keseimbangan kadar air dan garam pada tubuh.

Baca juga : DESA – DESA INI SUKSES JADIKAN SELOKAN TEMPAT BUDIDAYA IKAN

Di sisi lain, air kolam yang telah dicampur garam untuk ikan koi dapat membantu mengurangi kadar nitrit dan membunuh bakteri jahat. Disarankan untuk menaburkan 2-3 kg garam pada kolam yang berisikan satu ton air bersih.

2. Menjaga pH dan Suhu Air untuk Ikan Koi

Air jernih dengan kadar salinitas yang baik, ternyata belum cukup untuk membuat ikan koi terus berada dalam kondisi sehat. Anda juga harus memerhatikan temperatur serta tingkat keasaman alias pH yang tepat.

Suhu kolam ikan koi yang dianjurkan berkisar antara 15-28 derajat Celcius. Sementara itu pertahankan agar pH kolam koi ada di angka 7-9.

3. Sediakan Filter Kolam Ikan Koi yang Baik

Kolam tempat ikan koi berada harus sering dibersihkan agar kotoran yang berasal dari makanan dan sisa pencernaan mereka tidak mengendap. Jika dibiarkan dan tak segera dibersihkan, air kolam ikan koi bisa terkontaminasi dan membahakan kondisi peliharaan Anda!

Selain membersihkannya secara rutin, Anda wajib menempatkan sistem filtrasi yang baik. Ukuran filter yang ideal adalah 30% dari daya muat kolam ikan koi. Jangan lupa, rutin melakukan pembersihan filter tersebut untuk sirkulasi air yang lebih lancar dan bersih.

4. Perhatikan Kadar Oksigen Supaya Mencukupi

Bukan hanya sistem filtrasi, lengkapi pula kolam ikan koi dengan sistem aerasi untuk menyuplai oksigen dalam air. Oleh karena itu, tambahkanlah alat pembuat oksigen alias aerator pada kolam ikan tersebut. Anda juga bisa membuat sebuah air terjun buatan supaya oksigen dapat terus diproduksi.

5. Ukuran Kolam Ikan Koi yang Pas

Tips tambahan untuk Anda yang berniat memelihara koi, jangan biarkan mereka berenang di dalam kolam yang terlalu kecil. Koi merupakan jenis ikan yang pertumbuhannya relatif cepat dan dalam ukuran yang cukup besar.

Selain ukuran yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu membuat kolam tersebut memiliki kedalaman setidaknya satu meter. Jangan lupa untuk memerhatikan intensitas cahaya matahari ke kolam agar ikan-ikan kesayanganmu tidak mudah terkena jamur.

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.