Lakukan Hal Ini Untuk Jernihkan Air Kolam Ikan Yang Keruh

Duta Koi – Kolam ikan harus selalu terjaga kualitasnya agar tetap menjaga kualitas ikan yang tinggal di dalamnya. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik ikan untuk menjaga kebersihan dan kualitas daripada air dan habitat kolam tempat ikan tinggal.

  1. Tambahkan Sinar UV Di Dalam Kolam

Cara yang sangat ini dikenal paling mudah untuk digunakan karena yang hanya perlu kamu lakukan adalah membeli sinar UV tambahan. Sinar UV ini digunakan untuk merawat tanaman algae yang menyebabkan warna hijau pada kolam. Air akan mengalir melewati sinar UV ini.

Air tersebut akan membunuh bakter-bakteri pada algae dan juga kolammu. Yang wajib kamu lakukan adalah mengganti sinar UV tersebut setiap tahunnya untuk mencegah kerusakan pada kolam ikanmu.

Salah satu produk lampu yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan sinar UV adalah lampu ultraviolet submersible UV lamp-G2-i dengan daya 30 Watt yang ditanam di dalam pipa 3 inch.

  • Bersihkan Filter Atau Skimmer Kolam

Filter digunakan untuk menyaring kotoran-kotoran dari ikan maupun dari tanaman yang ada di kolam. Filter ini pun juga dapat berguna untuk menyaring sisa makanan dan bakteri yang dapat mengotori kolam.

Akan sangat sulit jika air tidak bisa mengalir sempurna melalui filter yang ada di kolam. Untuk itu, kamu harus rajin membersihkannya. Dalam hal membersihkan pun akan sangat mudah tergantung jenis filter yang kamu punya. Pada dasarnya, rendam dalam air beberapa kali untuk menghilangkan sisa kotoran.

Ingat, ya! Penggunaan filter dan skimmer adalah kunci membuat air kolam ikan kamu selalu tampak jernih tanpa kotoran.

  •  Belilah Tanaman Untuk Kolam

Tanaman sudah sangat terkenal untuk keahliannya dalam membersihkan kolam secara natural. Selain itu, tanaman juga menambahkan nutrisi untuk ikan yang hidup dalam kolam ikanmu. Tanaman seperti ganggang hijau, aquascape parrot feather yang tumbuh di dasar kolam dapat menyuplai oksigen yang berguna untuk ikan, juga berguna untuk menghambat pertumbuhan algae.

Bunga lotus yang ditaruh dibagian atas kolam juga dapat membantu untuk menutupi sinar matahari agar tumbuh algae dapat terhambat. Kamu hanya perlu mengingat untuk jangan terlalu banyak menaruh tanaman dikarenakan akan menghambat pertumbuhan ikan.

  • Kontrol Makanan Untuk Ikan

Sisa makanan ikan yang tidak dimakan juga dapat membuat kolam menjadi kotor. Selain itu, nutrisi dari makan tersebut akan membantu algae berkembang, sehingga kolam akan cepat berubah warna menjadi hijau.

Baca juga : BERSIHKAN KOLAM IKAN DENGAN MUDAH DAN CEPAT, IKUTI LANGKAH INI

Untuk itu, jangan terlalu banyak memberi makan ikan jika tidak dibutuhkan. Beri makan ikan paling tidak 2 sampai 4 kali setiap harinya dengan porsi yang sesuai jumlah ikan yang ada dalam kolammu.

  • Bersihkan Sisa Kotoran Di Bagian Bawah Kolam

Selain algae, terdapat hal-hal lain yang dapat membuat kolam berwarna tidak cerah. Untuk itu, kamu harus sering membersihkan kolam secara teratur. Pertama, siapkan tempat yang sesuai untuk menaruh ikan-ikan dan juga tanaman yang ada dalam kolam.

Selanjutnya, sedot air yang ada dalam kolam menggunakan penyedot khusus air. Setelah air sudah berkurang drastis, mulai bersihkan bagian dalam dengan menyekop sisa-sisa kotoran tersebut. Jika kotoran tersebut tidak dapat hilang, gunakan sapu air dengan cara menggosok.

  • Tambahan Biang Bakteri Untuk Kolam

Cara menjernihkan air kolam ikan yang terakhir dan paling penting adalah menambahkan biang bakteri kimia baik. Pada saat tertentu, kolam akan kekurangan bakteri baik tersebut. Hal ini dapat membuat algae tumbuh secara besar, banyak, dan akan membuat kolam ikan berwarna hijau.

Menambahkan biang bakteri yang baik dapat membantu peliharaan kamu untuk tumbuh lebih baik dan juga menghambat pertumbuhan algae tersebut. Kamu hanya perlu membeli bakteri kimia ini di toko ikan atau toko tanaman terdekat.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.