Memberikan Perawatan Yang Baik Kepada Ikan Koi

Memberikan Perawatan Yang Baik Kepada Ikan Koi

Jual ikan koi Blitar Murah – Pada dasarnya, apapun jenis ikan koi yang kamu miliki, baik itu lokal atau impor kamu tetap harus merawatnya dengan baik. Karena bagaimanapun, ikan koi termasuk dalam makhluk hidup juga yang bisa sakit dan mati jika tidak dirawat dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara merawat ikan koi yang bisa kamu terapkan untuk hewan peliharaanmu itu.

1. Memilih yang Sehat

Langkah yang paling pertama ini adalah yang paling krusial. Karena tentunya kamu nggak mau kan membeli hewan peliharaan yang sedari awal penyakitan?

Kerabat ikan mas ini termasuk dalam ikan hias air tawar yang sangat diminati oleh masyarakat. Sehingga dengan semakin tingginya permintaan, hal ini membuat para peternak koi kewalahan. Sayangnya, hal tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual koi yang berkualitas buruk atau bahkan penyakitan.

Untuk mengatasi hal itu, pastikan kamu membeli koi di toko ikan yang memiliki reputasi cukup baik di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, jangan hanya mengandalkan kuantitas ketika membelinya. Karena jauh lebih baik memiliki 5 ikan koi yang berkualitas baik daripada 100 koi yang buruk.

2. Mempersiapkan Kolam

Kalau sudah menentukan ingin membeli jenis-jenis ikan koi yang mana saja, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah persiapan kolamnya. Karena kamu perlu memperhatikan jenis kolam, kualitas air, dan kadar keasaman air.

Ada beberapa macam jenis kolam yang bisa kamu gunakan sebagai tempat memelihara koimu. Bisa berupa kolam semen, kolam taman, ataupun kolam tanah. Yang jelas, tidak disarankan untuk memelihara ikan koi Blitar Murah di dalam aquarium karena ia membutuhkan ruang gerak yang cukup luas.

Selain itu, kalau kamu baru membuat kolam menggunakan semen, jangan langsung memasukkan koimu ke dalam kolam tersebut. Karena kolam semen yang baru biasanya masih meninggalkan bau semen yang tidak bisa diterima oleh koi. Untuk mempercepat hilangnya bau semen tersebut, kamu bisa menggunakan pelepah pisang.

3. Atur Jumlah yang Akan Dipelihara Dalam Satu Kolam

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ikan koi membutuhkan ruang gerak yang cukup lega. Hal ini bertujuan agar ikan koi yang kamu pelihara itu bisa cepat besar.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan jumlah ikan koi yang akan kamu pelihara di dalam kolammu. Karena jumlah yang tidak sesuai dengan kapasitas kolam bisa menghambat pertumbuhan hewan peliharaanmu itu. Cobalah untuk menyesuaikan kembali jumlah ikan koi yang kamu miliki dengan ukuran kolamnya.

4. Cara Memberi Makan

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau makanan ikan koi dikenal memiliki harga yang tidak murah. Hal ini karena makanan ikan koi biasanya harus diimpor dari Jepang.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya kamu harus mengatur dengan bijak pemberian makannya agar tidak berlebihan. Pengaturannya bisa dilakukan dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Baca juga : CARA MENGOBATI PENYAKIT PADA IKAN KOI

Selain itu, kamu juga bisa memvariasikan makanannya dengan pakan yang lebih terjangkau. Beberapa di antaranya adalah sawi, kubis, udang-udangan, cacing rambut, semangka, dan cacing darah.

5. Jaga Kualitas Air

Seperti halnya beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya, ikan koi sangat membutuhkan kualitas air yang baik. Oleh karena itu kamu harus selalu memperhatikan suhu dan tingkat kekeruhan airnya.

Bahkan, kamu juga harus memastikan air yang kamu gunakan adalah air jernih yang bebas dari kontaminasi apapun, termasuk zat-zat kimia. Sehingga, kamu harus memastikan tidak menggunakan air yang sudah terkontaminasi kaporit.

Selain itu, kamu harus memastikan kolamnya tidak sampai keruh. Kamu harus mengganti 10% dari air kolam setidaknya seminggu sekali. Bahkan, meskipun kamu menggunakan sistem filter dalam kolam sekalipun, kamu tetap harus rutin mengganti airnya.

Namun untuk menjadi catatan, jangan pernah mengganti seluruh air yang ada di kolam. Karena ikan koi membutuhkan waktu untuk adaptasi, di mana terkadang proses adaptasi itu bisa membuat ikanmu stres.

6. Karantina Terlebih Dahulu

Setelah berhasil memelihara jenis-jenis ikan koi tertentu, terkadang kamu memiliki keinginan untuk menambah jenis yang lain. Namun, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum menambahi ikan koi lain ke dalam kolam.

Yang jelas, jangan sampai kamu memasukkan ikan yang terkontaminasi dan membawa bakteri ke dalam kolam. Nggak lucu, kan, kalau akhirnya ikan berpenyakit itu jadi mempengaruhi koi-koi lama yang sudah kamu pelihara di kolam.

Untuk itu, akan lebih baik kamu mengkarantina ikan tersebut selama beberapa hari di bak terpisah. Nantinya, setelah kamu yakin ikan baru tersebut tidak akan membawa hal buruk untuk peliharaanmu yang lain, baru kamu bisa memasukkannya ke dalam kolam.

Kamu juga harus mengkarantina koi yang kelihatannya tidak sehat di dalam kolam. Karena kalau kamu tidak mengkarantinanya terlebih dahulu, dikhawatirkan ikanmu yang sakit itu akan semakin stres dan akhirnya malah mati.

Silahkan klik disini untuk dapatkan Ikan Koi Blitar Murah dan Super.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.