Pakai Bebatuan Jenis Ini Untuk Kolam Ikan Lebih Menarik

Pakai Bebatuan Jenis Ini Untuk Kolam Ikan Lebih Menarik

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Membuat kolam ikan minimalis batu alam tidak bisa sembarangan. Bahan yang dipilih sebagai bahan pembuat kolam ikan harus selaras dengan ikan peliharaan. Pilihan bahan yang tepat akan membuat kolam ikan seolah memberikan kesejukan bagi penghuni rumah dan tamu.

Selain itu besaran kolam pun harus disesuaikan dengan luas ruang yang tersedia di halaman depan atau halaman belakang rumah. Sebenarnya, luas ruang yang diperlukan membuat kolam ikan tidak perlu terlalu besar. Sisa lahan sekitar 2×3 meter juga sudah dapat dijadikan area kolam ikan.

Dinding kolam ikan bisa dibuat menggunakan berbagai bahan, semisal semen, beton, dan batu alam. Batu alam memiliki sejumlah keunggulan dibanding bahan lainnya. Kolam ikan minimalis batu alam memberikan efek alami dan sekitar kolam terasa lebih lembab.

Terlebih, keberadaan kolam ikan juga dipercaya dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Kelebihan lainnya adalah perawatannya yang tidak terlalu sulit, karena batu alam mudah dibersihkan.

Jenis Batu Alam untuk Membuat Dinding Kolam Ikan

1. Batu Kali

Batu jenis ini adalah jenis batu yang paling umum digunakan sebagai dinding kolam ikan. Batu ini berasal dari pecahan batu-batu besar di sungai.

2. Batu Kali Lempengan

Batu jenis ini memiliki ciri berupa lempengan yang memanjang sekitar 30-60 cm dan lebar sekitar 3 cm. Batu jenis ini umumnya digunakan sebagai bahan pembuat lis dinding kolam. Meski begitu, tak jarang orang menggunakan batu jenis ini sebagai dinding kolam.

3. Batu Gunung

Batu jenis ini mirip dengan batu kapur. Sebelum digunakan, batu gunung harus dipernis agar menghasilkan warna yang lebih cerah.

4. Batu Candi

Batu berwarna hitam ini banyak digunakan orang sebagai dinding kolam ikan koi. Selain itu, batu ini juga kerap digunakan sebagai penghias taman. Cara Merawat Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Setelah mengetahui jenis batu alam yang akan digunakan, kamu juga harus merawat kolam ikan secara baik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kolam ikan tetap terlihat cantik.

Baca juga : TIPS MEMILIH MAKANAN IKAN KOI YANG TEPAT

1. Pelapis Batu Alam

Agar tetap terlihat indah, ornamen batu harus dilapisi cat. Catnya pun tidak bisa sembarang, karena ada cat khusus untuk batu alam. Melapisi batu alam dengan cat juga akan membuatnya tahan lebih lama.

2. Bersihkan dari Lumut

Batu alam memang cantik dijadikan sebagai ornamen penghias atau bahan pembuat dinding kolam ikan. Meski begitu, bahan ini berpotensi menjadi tempat tumbuh lumut. Lumut yang tebal akan membuat kolam air terlihat keruh. Maka karena itu, kamu perlu rajin membersihkan kolam.

3. Saluran Pembuangan Air

Saluran pembuangan air merupakan aspek penting dalam membuat sebuah kolam ikan. Tidak sulit untuk menentukan tempat saluran pembuangan air di kolam ikan minimalis batu alam. Saluran pembuangan air bisa ditempatkan di dasar kolam.

Hal terpenting adalah saluran ini memiliki katup dari karet atau besi yang mudah dibuka-tutup. Fungsi saluran pembuangan air adalah agar ketika kolam dibersihkan, kotoran dapat terbuang dengan baik. Biaya untuk membuat kolam ikan sebenarnya tidak terlalu mahal.

Untuk kolam ikan standar, kamu cukup menyediakan Rp1 jutaan. Namun jika kamu ingin menambah variasi semisal air mancur atau menambah relief pada dinding kolam, kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp3 jutaan.

Untuk Anda yang masih bingung mencari Ikan Koi Blitar yang murah dan berkualitas, silahkan hubungi kami disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.