Pelajari Tentang Habitat Dan Gaya Hidup Ikan Koi

Pelajari Tentang Habitat Dan Gaya Hidup Ikan Koi

Duta Koi – Ada banyak hal yang dapat kita pelajari tentang habitat dan gaya hidup ikan Koi. Selain warna indahnya yang sangat menarik perhatian, ternyata ikan Koi ini punya banyak keunikan dan cerita tersendiri yang perlu kita ketahui, termasuk fakta jika sebenarnya ikan ini awalnya hanya terdiri atas satu varian warna. Variasi warna beragam yang kita kenal saat ini merupakan hasil serangkaian proses panjang.

Istilah ikan koi berasal dari kosakata Bahasa Jepang dan jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti ‘ikan karper’ meski secara fisik ikan ini berbeda dengan ikan karper yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain itu istilah koi juga dikaitkan dengan nishikigoi yang berarti ikan karper bersulam perak dan emas.

Sebagai kelompok Pisces, ikan koi membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup. Meski hampir hidup dan berapatasi di semua negara di dunia, tetapi ikan ini juga dikenal sangat sensitif terhadap perubahan habitatnya. Maka dari itu bagi banyak orang merawat ikan koi terbilang cukup rumit.

Baca juga : MENGENALI JENIS-JENIS IKAN KOI BAGIAN II

Habitat Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan hias hidup baik di kawasan beriklim sedang. Ikan ini biasa ditemukan hidup di wilayah perairan air tawar pada suhu antara 8 hingga 30 derajat Celcius. Dengan kemampuan hidu di rentang suhu yang cukup lebar, maka tidak heran jika ikan ini bisa hidup mulai dari wilayah pantai sampai dengan kawasan pegunungan.

Meski merupakan ikan asli air tawar, sebenarnya ikan koi juga mampu bertahan di perairan air asin selama kadar garam atau salinitasnya tidak begitu tinggi. Ikan hias ini sangat sensitif dan rentan terhadap perubahan lingkungan.

Kelompok ikan hias koi akan mengalami masalah serius jika mengalami perubahan suhu sampai 5 derajat Celcius. Situasi ini biasanya membuat tubuh ikan koi diselimuti oleh lapisan berwarna putih. Oleh sebab itu, kegiatan pemeliharaan atau pembudidayaan ikan koin wajib memperhatikan kondisi suhu lingkungannya.

Makanan Ikan Koi

Pada kondisi habitat, anak ikan koi akan mengonsumsi udang berukuran renik seperti Daphina. Seiring dengan perkembangan tubuhnya, makanan ikan koi juga mengalami perubahan. Ketika sudah dewasa, ikan ini mulai memangsa hewan yang berukuran sedikit lebih besar.

Binatang terrsebut adalah serangga air, jentik nyamuk, dan juga spesies lumut yang biasa hidup menempel ditanaman air dan berperan layaknya hewan omnivora. Jenis makanan ini menunjukkan bahwa ikan koi tergolong sebagai binatang karnivora yang memakan daging.

Perkembangbiakan

Ikan koi jantan akan memasuki tahap kematangan reproduksi ketika sudah mencapai usia dua tahun, sedangkan ikan koi betina baru akan memasuki fase ini pada usia tiga tahun, lebih lambat satu tahun daripada spesies jantan. Masa kawin spesies ini terjadi setahun sekali, yaitu pada rentang bulan April sampai Juni.

Akan tetapi musim kawin ikan koi sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya. Sebagai perbandingan, masa kawin ikan koi di Indonesia berbeda dengan ikan yang hidup di Jepang. Kondisi tropis di Indonesia mendukung ikan koi untuk melakukan perkawinan sepanjang tahun, sedangkan di Jepang dengan empat musimnya hanya bisa sekali setahun.

Pertumbuhan anak ikan koi yang baru menetas pun sangat dipengaruhi oleh kondusi suhu air, jenis kelamin, dan makanannya. Pada lingkungan yang cocok dan optimal, maka ikan koi akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dan pesat.

Silahkan klik disini untuk dapatkan Ikan Koi Blitar Murah dan Super.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.