Penting Dimiliki untuk Memelihara Ikan Koi

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Apakah anda ingin memelihara ikan koi di rumah? Jika ya, maka ada 3 hal berikut ini yang wajib tersedia sebagai sarana untuk memelihara koi.

Tapi sebelumnnya tentu ada yang bertanya, “Kenapa kok susah amat? Harus ada ini dan itu? Apakah bisa memelhara koi tanpa syarat wajib tersebut?

1.WADAH PEMELIHARAAN

Memelihara ikan koi tentu diperlukan wadah atau tempat yang mana biasa disebut kolam ikan atau kolam koi. Jenis kolam koi juga bermacam-macam. Bisa berupa bangunan dari semen (beton) bisa juga dari plastik atau terpal dlsb. Yang penting tidak bocor dan yang pasti tujuannya untuk menampung air sebagai media agar koi tetap hidup.

Tak hanya di dalam kolam. Koi juga bisa saja dipelihara di dalam aquarium, asalkan cukup luas sesuai jumlah dan ukuran koi yang dipelihara. Memelihara Koi di dalam Aquarium memang memerlukan perawatan ektra, sebab dengan kondisi wadah yang terbatas, maka kualitas air sangat mudah menurun kualitasnya. Untuk itulah diperlukan perawatan yang intensif

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan jika anda membangun kolam adalah luasnya. Mengapa demikian? Sebab koi tak bisa dipelihara di dalam kolam yang terlalu kecil. Idealnya adalah berukuran 3 x 2 meter.

Apakah boleh ukurannya lebih kecil?

Boleh saja, namun tentu anda tak bisa memelihara koi berukuran besar dan jika koi anda bertambah besar, maka kolam yang sempit akan membatasi ruang gerak koi.

2. SISTEM FILTER

Jika anda memiliki kolam koi dengan menggunakan sumber air tanah atau air PAM, maka anda harus membuat fasilitas penyaring air atau filter yang berfungsi secara non stop 24 jam. Sistem filter kolam pada prinsipnya adalah membuat sirkulasi air dari kolam ke dalam ruang filter yang mana ketika air melewati ruang filter maka air akan tersaring oleh media filter yang ada.

Baca juga : INILAH KEBUTUHAN NUTRISI UNTUK IKAN KOI

Mengapa air kolam harus disaring?

Sebab air kolam harus selalu dijaga kualitasnya agar tetap nyaman bagi koi. Apa saja yang membuat air kolam menurun kualitasnya? Ada banyak faktor penyebab turunnya kualitas air kolam antara lain yang paling utama adalah karena adanya kotoran koi dan sisa-sisa makanan yang larut di dalam air kolam.

Untuk diketahui, kotoran koi mengandung racun (ammonia) yang mana jika larut di dalam air melebihi ambang batas, maka akan meracuni koi dan bahkan bisa membunuh koi anda. Oleh sebab itulah maka sistem filter yang baik sangat diperlukan agar kualitas air kolam anda tetap dalam kondisi prima.

Ingat prinsip, “memelihara koi sejatinya adalah memelihara kualitas air kolam”.

3. FASILITAS KARANTINA

Fasilitas karantina adalah sebuah wadah yang terpisah dari kolam utama, yang mana kegunaannya adalah untuk merawat ikan sakit dan juga untuk menampung sementara koi-koi baru sebelum di masukkan ke kolam utama?

Mengapa koi baru wajib dirawat di dalam bak karantina terlebih dulu?

Sebab koi yang baru anda beli, tentu ketika membawanya pulang, koi ditempatkan di dalam kantong beroksigen yang sempit. Kondisi ini membuat koi mengalami stres. Koi baru yang sedang stres sangat mudah terserang penyakit atau bisa juga menularkan penyakit kepada koi-koi lainnya.

Karena itulah maka koi baru perlu dikondisikan di dalam bak karantina agar kembali dalam kondisi normal (tidak stres) dan sekaligus memastikan bahwa koi tidak sedang terserang penyakit.

Oleh sebab itu, jangan pernah terburu-buru memasukkan koi baru ke dalam kolam utama, jika anda tak ingin terjadi hal-hal yang menyebabkan koi-koi lama anda terganggu kesehatannya. Tak jarang, seekor koi saja yang baru anda beli, jika tak dilakukan karantina terlebih dahulu, dapat menularkan penyakit kepada koi-koi yang sudah ada. Bahkan dalam kondisi ekstrim, seekor koi saja dapat membuat seluruh koi anda tertular penyakit dan bahkan bisa mengakibatkan kematian masal.

Butuh Ikan Koi Blitar Murah dan Berkualitas ? Silahkan Klik disini !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.