Rahasia Jenis Makanan Ikan Koi Untuk Warna Yang Lebih Cantik

Rahasia Jenis Makanan Ikan Koi Untuk Warna Yang Lebih Cantik

Duta Koi – Ikan koi adalah salah satu ikan hias cantik yang cukup digemari para pecinta  ikan hias di Indonesia. Selain bisa dipelihara di kolam outdoor, ikan koi juga bisa kamu pelihara di dalam akuarium.

Namun karena ikan koi bisa bertumbuh dengan sangat besar, alangkah baiknya kamu persiapkan kolam ikan agar ia bisa hidup dengan lebih bebas.

Pertumbuhan ikan koi sendiri ini bisa cepat karena didukung dengan pemberian nutrisi dan makanan yang bergizi tinggi. Secara garis besarnya, makanan ikan koi ini terdiri dari makanan alami dan makanan buatan yang biasa kita temui.

Walaupun sebenarnya ikan koi ini termasuk ikan yang mudah untuk dipelihara, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan soal makanannya. Kali ini, PetPi bakalan kasih tau makanan ikan koi terbaik yang bisa kamu berikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan koi dengan cepat.

Berikut ini adalah daftar makanan ikan koi alami dan beberapa tips tentang pakan ikan koi.

Makanan Ikan Koi Terbaik Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Pakain ikan koi paling bagus diberikan untuk bisa merangsang pertumbuhan ikan, meningkatkan warna ikan koi sekaligus juga menjaga kesehatan ikan koi tersebut.

Ikan koi juga mempunya fungsi metabolisme yang bagus disaat suhu mencapai 21 derajat celcius, itu mengapa nutrisi sangat penting dan dibutuhkan oleh ikan koi.

Cacing Sutera – Penambah Protein

Cacing sutera menjadi salah satu makanan ikan koi alami yang sangat bagus untuk diberikan ke ikan koi. Di dalam cacing sutra, terkandung nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan ikan koi itu sendiri.

Salah satu nutrisinya adalah protein yang memiliki asam amino sehingga ikan koi bisa menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas.

Jika ikan koi kekurangan protein, maka bisa saja ikan koi yang kamu pelihara pertumbuhannya akan terhambat dan juga menyebabkan deformasi tulang belakang pada ikan koi.

Roti – Karbohidrat Tinggi

Seperti yang kita ketahui, roti memang mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat sendiri tentunya sangat baik untuk pembentukan energi yang digunakan sebagai metabolisme dari ikan koi. Kandungan ini bisa mempercepat pertumbuhan ikan koi lho.

Namun akan tetapi, dalam pemberian roti ke ikan koi jangan terlalu berlebihan, karena jika berlebihan dapat menyebabkan menurunnya kemampuan hati untuk menyimpan glikogen.

Jadi, pemberian roti bisa di mix dalam beberapa hari untuk sekedar memberikan pakan alternatif kepada ikan koi.

Baca juga : TRIK AMPUH MEMELIHARA IKAN KOI HIAS DI AKUARIUM

Ganggang – Memberikan Kecerahan Warna

Ganggang hijau mudah kita temukan, biasanya terdapat pada bagian dasar kolam ikan. Makanan ikan koi ini bisa menjadi alternatif pengganti pelet lho. Ganggang hijau terbukti mengandung banyak karoten yang bermanfaat untuk memberikan kecerahan pada warna ikan koi.

Akan tetapi, jangan memberikan makanan yang mengandung karoten berlebih. Karena jika konsentrasinya terlalu tinggi, maka akan menghasilkan pigmen putih pada ikan koi sehingga warna ikan koi malah berubah menjadi merah muda.

Udang Air Asin – Meningkatkan Metabolisme

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan koi ini adalah hewan omnivora. Berarti ikan ini sebenarnya bisa memakan apa saja yang kita berikan. Seperti halnya dengan manusia, makhluk hidup yang omnivora membutuhkan protein yang cukup pada makanan mereka.

Udang air asin ini adalah pilihan tepat karena memiliki kandungan nutrisi yang baik. Selama periode aktivitas yang tinggi, udang air asin ini bisa kita berikan ke ikan koi.

Misalnya, apabila ikan koi yang baru menetas pastinya membutuhkan protein tambahan untuk mendorong pertumbuhan mereka, sementara koi dewasa membutuhkannya di musim panas ketika metabolisme mereka sedang cepat dan sangat aktif.

Bayam Dan Kangkung – Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sayuran seperti bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk makanan ikan koi. Dua macam sayuran ini mengandung pigmen warna merah yakni astaxanthin serta pigmen warna kuning yang bernama lutein.

Akan tetapi pigmen yang berwarna kuning ini jauh lebih tinggi pada jenis sayuran ini ketimbang pigmen yang berwarna merah.

Nah, selain itu kedua sayuran ini pun sangat disukai oleh ikan koi karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengandung serat yang tinggi berarti membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Apabila pencernaan ikan koi baik, maka kotoran akan berbentuk berbentuk pada dan besar. Namun jika koi kurang sehat, kotoran yang dihasilkan akan tampak seperti berlendir.

Sistem pencernaan koi yang buruk, akan mengganggu ikan koi dalam bertahan hidup. Hal itu akan menyebabkan nafsu makan ikan koi berkurang dan daya tahan tubuhnya akan semakin mudah terserang penyakit yang lain.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.