Trik Ampuh memelihara ikan koi hias di akuarium

Trik Ampuh memelihara ikan koi hias di akuarium

Duta Koi – Ikan koi memanglah ikan yang sangat menyenangkan untuk dipelihara, selain bisa digunakan untuk menyembuhkan Alzheimer, ikan koi juga dapat digunakan untuk menambah nilai estetika suatu rumah. Akan tetapi, hal tersebut bisa tercipta jika kamu tahu bagaimana cara merawat ikan koi yang tepat.

Perawatan ikan koi dimulai dari pemilihan pakan yang tepat, pemeliharaan akuarium yang bersih, sampai pengaturan temperatur kolam. Bagaimana semuanya bisa dilakukan? Tenang saja, PetPintar akan membagikan artikel lengkap cara merawat ikan koi yang baik dan benar.

Beberapa pemula memang masih belum tahu bagaimana cara yang tepat merawat ikan koi hias. Ini adalah kondisi yang wajar mengingat masih sedikitnya edukasi masyarakat mengenai ikan koi.

Oleh sebab itulah, PetPintar ingin membagikan beberapa tips dan langkah-langkah melalui daftar di bawah ini yang sudah dibagi berdasarkan 2 kategori, yaitu merawat ikan koi untuk budidaya, dan merawat ikan koi hias di akuarium.

Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana cara memelihara ikan koi hias di akuarium, simak daftar berikut ini.

1. Siapkan Akuarium Yang Layak

Akuarium adalah faktor utama yang mendukung kesuksesan seseorang dalam memelihara ikan koi hias. Tidak ada standar pasti berapa ukuran akuarium yang harus disediakan. Kamu hanya perlu memastikan ukuran akuarium tersebut mampu menampung sejumlah ikan koi yang akan kamu pelihara.

Kamu harus ingat bahwa perilaku dan pertumbuhan ikan koi memerlukan akuarium yang bisa berenang kesana kemari.

2. Gunakan Pompa Air

Berapa banyak jumlah ikan koi hias yang ingin kamu rawat dalam satu akuarium? Jika lebih dari 3 atau 4, maka sebaiknya gunakanlah pompa air yang banyak dijual di toko ikan. Pompa air tersebut dapat membantu menjaga kualitas oksigen dan airnya sendiri.

Tanpa pompa air dengan kualitas yang baik, hidup ikan koi peliharaan kamu tidak akan bertahan lama.

3. Jangan Biarkan Ikan Koi Kamu Hidup Di Aquascape

Ikan koi hias berbeda dengan ikan hias lainnya yang bisa bertahan di dalam aquascape bersama tumbuhan hidup lainnya. Alih-alih ingin membuat akuarium semakin cantik, justru ekor ikan koi akan lebih mudah rusak.

Bahkan, bukan hanya merusak ekor koi, tanaman yang telah kamu atur sedemikian rupa di dalam akuarium tersebut justru akan lebih mudah rusak juga. Karena, sifat ikan koi itu memakan hampir seluruh jenis tanaman.

Baca juga : GUNAKAN CARA INI UNTUK MERAWAT IKAN KOI BUDIDAYA DENGAN MUDAH

4. Berikan Pakan Pelet Berkualitas

Ada banyak sekali brand pelet yang dijual khusus untuk memberi pakan ikan koi. Sayangnya, tidak semua brand pelet ikan koi mampu memenuhi segala kebutuhan nutrisi dan protein yang dibutuhkan.

Pakan ikan koi merk CP KOI merupakan alternatif terbaik saat ini karena mengandung setidaknya 35% protein, dan 3% lemak.

5. Beri Pakan Ikan Koi Secukupnya

Meski ikan koi bisa tumbuh menjadi ikan yang sangat besar sesuai dengan jenisnya. Bukan berarti kamu bisa serta merta memberikan makanan terlalu banyak kepada mereka. Karena, makanan bukan satu-satunya faktor yang bisa menumbuhkan tubuh mereka.

Hanya sekitar 2-3% dari total bobot ikan jumlah makanan yang mereka butuhkan. Agar lebih mudah, kamu cukup memberi ikan koi pakar pagi dan malam hari saja.

6. Jaga Suhu Akuarium Tetap Di Angka 18 – 24 Derajat Celcius

Ikan koi mampu bertahan dalam suhu dan kondisi apapun. Sekalipun di dalam air dengan suhu di bawah 18 derajat celcius yang bisa membuat mereka membeku. Tapi, ini bukan cara terbaik merawat ikan koi.

Gunakanlah Heater Stainless Besi untuk menjaga suhu air dan akuarium tetap berada di angka 18 – 24 derajat celcius agar ikan koi tidak mudah stress dan tetap bisa diajak bermain ketika didekati oleh orang.

7. Gunakan Lampu Sebagai Pengganti Sinar Matahari

Sama halnya seperti membudidayakan ikan koi, cara merawat ikan koi hias di dalam akuarium pun tetap membutuhkan cahaya. Sayangnya, tidak mungkin kamu menaruh akuarium berisi ikan koi di bawah sinar matahari.

Sebagai gantinya, gunakanlah lampu hias yang dijual di toko ikan. Semua jenis lampu masih bisa masuk untuk menggantikan sinar matahari. Tapi, pastikan watt lampu tersebut tidak terlalu besar dan pemasangannya rapi untuk menghindari adanya korsleting.

Ingin miliki Ikan Koi yang Murah dan Berkualitas ? Klik disini untuk info lebih lanjut !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi CS
Butuh Bantuan? Chat WhatsApp
Anda dapat langsung menanyakan mengenai ketersediaan bibit dan indukan ikan koi yang sedang di cari.

Klik tombol WhatsApp dibawah, untuk chat dengan Customer Service kami secara otomatis.